UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA BUKU CERITA DI SMP 2 LAKEA (SATAP LAKUAN) DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Hasbih Hasbih(1*), Surni Kadir(2), Muh. Rizal Masdul(3)


(1) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.738

Abstract


Skripsi ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Media Buku Cerita Di SMP 2 Lakea (Satap Lakuan) dalam Tinjauan Pendidikan Islam dengan pokok pembahasana bagaimanakah upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buka cerita di SMPN 2 Lakea (Satap Lakuan)? dan bagaimanakah implikasi upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buku cerita di SMPN 2 Lakea (Satap Lakuan)dalam tinjauan pendidikan Islam?. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya meingkatkan minat baca dan implikasinya memalui media buku cerita.

Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian skripsi ini yaitu: Upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buku cerita di SMP Negeri 2 Lakea (Satap Lakuan) yaitu: (1) menyediakan perpustakaan dan melengkapi buku-buku pelajaran dan buku cerita yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran (2) menganalisa materi PAI yang dan memasukkan media buku cerita yang relevan ke dalam Silabus dan RPP (3) guru PAI menggunakan metode bercerita dalam proses pembelajaran sehingga memancing minat belajar siswa (4) menggunakan media buku cerita dengan teknik belajar yakni siswa membaca buku cerita di depan kelas dan siswa yang lain mendengarkan cerita tersebut, kemudian mengomentari isi dari cerita tersebut (5) guru membagikan potongan cerita pada masing-masing kelompok, siswa mencatat poin-poin penting pada cerita tersebut, setelah siswa membacakan potongan cerita maka masing-masing kelompok menebak urutan cerita tersebut dan bertukar poin-poin penting dari kelompok yang lain (6) memberikan tugas PAI untuk diselesaikan di perpustakaan sekolah dan (7) melaksanakan proses pembelajaran di perpustakaan sekolah. Adapun Implikasi upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buku cerita di SMP Negeri 2 Lakea (Satap Lakuan)dalam tinjauan pendidikan Islam, yaitu: (1) media buku cerita dapat meningkatkan minat baca siswa dan menambah wawasan siswa terhadap kisah-kisah positif yang gunakan dalam pembelajaran (2) siswa menjadi termotivasi dalam membaca sehingga rajin mengunjungi perpustakaan (3) adanya peningkatan daya baca siswa dan peningkatam peminjaman buku perpustakaan untuk dibaca di rumah (4) dan memanfaatkan perpustakaan sebagai ruang kelas khusus untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara bergilir. Dengan demikian, penggunaan buku cerita yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan minat baca siswa.

Kata Kunci        :  Minat baca, media, buku cerita


Full Text:

PDF

References


Aditya, Rahmat. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Pekanbaru: Jom FISIP Volume 2 No 2 2015

Al-Bukhari, Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ismail. Shahih Al-Bukari, Jilid 4 Kairo: Maktabah Alaisar, 2016

Adzim, Muhammad Fauzil. Membuat Anak Gila Membaca, Bandung: Mizania, 2017

Al-Qusyairi, Syarif. Kamus Akbar Arab, Surabaya Giri Utama, 2004.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2015

A.M, Sadirman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010

Astuti, Dwi Puji, Minat Baca Penentu Kualitas Bangsa. Jurnal Pendidikan, Vol 2, No 3 2013.

Cahyono, Anang Sugeng. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung, 2016

Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2014

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag, 2015.

Departemen Pendidikan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Ramedia Pustaka, 2015.

Emzir, Analisis Data Metodelogi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

FAI Unismuh Palu, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Makalah, Artikel, Laporan Penelitian, Proposal, Skripsi, Edisi. 8, Palu: FAI Unismuh Palu, 2019

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional, Yogyakarta: Teras, 2012

Harjono, Bob. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda, Manika Books, Yogyakarta. 2013.

Hernowo, Mengingat Makna: Kiat-Kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku, Bandung: Kaifa. 2015.

K, Tri Rama . Arti Minat Baca (online) (https://anzdoc.com/bab-ii-kajian-teori-pengertian-buku-cerita-bergambar.html). Diakses tanggal 09 April 2018

Kaplan, M. dan Michael Haenlein, Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons, 2010

Kompasiana, 12 Fakta SBY Gagal Tingkatkan Minat Baca (online) (http://metro.kompasiana.com/2013/04/05/ciyus-ini-12-fakta-sby-gagal-tingkatkan-minat-baca 548552.html. Diakses tanggal 7 April 2018.

Leonhardt, Mary. 99 Ways To Get Kids To Love Reading and 100 Book, Terj. Alwiyah Abdurrahman, 99 Cara Menjadikan Anak Kerajingan Membaca Cet. V; Kaifa, Bandung. 2015.

Majid, Abdul Aziz Abdul. Mendidik Anak Lewat Cerita; Dilengkapi 30 Kisah, terj. Syarif Hade Masyah dan Mahfud Lukman Hakim, Jakarta: Mustaqim. 2013

Mildred, Dawson dan Henry A. Bamman, Fundamentals of Basic Reading Instruction. New York: Longmans, Green and Co, 2013.

Marshall, Chatherine. Gretchen B. Rosman, Designing Qualitative Research, Second Edition; London: Sage Publications, International Education and Professional Publisher, 2015.

Moleong, Lexi J. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2016.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 2015.

Mayfield, Anthony dan Michael A Stelzner, What is Social Media Includes Annual Marketing Report, Penerbit Crossing, 2012

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015

Nasution, Metode Naturalistic Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2013.

Nurhadi, Stregi Meningkatkan Daya Baca, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016

Putra, R. Masri Sareb. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Jakarta: Indeks, 2016

Rosidi, Ajib. Pembinaan Minat Baca Bahasa dan Sastra, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

Rumidi, Sukandar. Metodelogi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2014.

Safitri, Nova. Buku Cerita (online) (http://www.novapdf.com), diakes 27 Juli 2018

Salman, Minat Baca Masyarakat Indonesia Ketiga dari Bawah (online) (http:kompasiana.com/post/read/724590/1/minat-baca-masyarakat-indonesia-ketigadari bawah.html), Diakses tanggal 09 April 2018.

Setiarini, The Use of Literacy-Intructional Category To Improve Students Reading Comprehension, Jurnal Vision, Volume 5 Number 1, April 2016

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Subro, Seno. Seri Bahasa Indonesia, Surabaya: Az-Zahra, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013

Tarigan, H.G. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Penerbit Angkasa. 2014.

Wicaksana, Galuh. Buat Anakmu Gila Membaca, Jogjakarta: Buku Biru, 2015.


Article Statistic

Abstract view : 26 times
PDF views : 4 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.