IMPLEMENTASI VISI DAN MISI DI SMP MUHAMMADIYAH KODOLAGON DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Andi Riswan Nasrah(1*), Colle M. Said(2), Muhammad Hilal(3)


(1) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.737

Abstract


Skripsi ini membahas tentang Implementasi Visi dan Misi di SMP Muhammadiyah Kodolagon dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, berkaitan dengan judul tersebut pokok pembahasan dalam skripsi ini yaitu: bagaimana implementasi visi dan misi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Muhammadiyah Kodolagon? dan bagaimana efektivitas implementasi visi dan misi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Muhammadiyah Kodolagon?

Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Implementasi visi dan misi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu: (1) visi sekolah adalah sekolah sebagai tempat membina Imtaq dan Iptek bagi masyarakat untuk menuntaskan pendidikan dasar 9 tahun demi terwujudnya masyarakat madani. Misi sekolah yakni:menanggulangi anak putus sekolah, mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler, mengembangkan pendidikan berbasis teknologi modern, mengembangkan keimanan dan ketakwaan individu siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan mengembangkan prestasi siswa unggul diberbagai bidang. (2)  bagian visi misi sekolah tentang peningkatan imtaq siswa telah diterapkan ke dalam pembelajaran PAI, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang ditekankan pada aspek pemahaman materi pelajaran, mampu menghafal dan mempraktekkan materi pelajaran dengan baik (3) Visi misi sekolah tentang pembinaan iptek secara teori telah diterapkan dalam pembelajaran TIK dan (4) Visi dan misi penuntasan pendidikan dasar 9 tahun telah diterapkan dengan melanjutkan pendidikan bagi anak-anak putus sekolah di desa tersebut dengan biaya pemerintah desa. Adapun efektivitas implementasi visi dan misi yaitu: (1) visi misi sekolah tersebut yakni sekolah sebagai tempat membina Imtaq, visi dan misi ini diimplementasikan ke dalam pembelajaran PAI sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, karena dalam penerapannya guru merencakaan proses pembelajaran secara terprogram, melaksanakan pembelajaran dengan menekankan aspek pemahamana materi pelajaran melalui praktek-praktek secara langsung dan mengevaluasi pembelajaran dengan menekankan aspek pemahaman materi dan kemampuan siswa untuk menghafal materi ibadah sesuai pemahaman Muhammadiyah dan mempraktekkan materi pelajaran, sehingga membuat proses pembelajaran menjadi berkualitas. Adapun visi misi tentang pengembangan Iptek belum dapat dilaksanakan dengan baik karena kurangnya sarana dan prasarana sekolah serta visi misi tentang menuntaskan wajib belajar 9 tahun tidak berhubungan secara langsung dengan peningkatan kualitas pembelajaran, karena implementasinya yakni memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak usia SMP yang putus sekolah.           

Kata Kunci        :  Implementasi, visi misi, kualitas pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Abiyasa, Begawan. Meraih Kualitas Pembelajaran (https://bagawanabiyasa. wordpress.com/2016/08/18/meraih-kualitas-pembelajaran/),diakses tanggal 2 Januari 2019

Ahmadi, Rulam. Memahami Metodelogi Penelitian Kualitatif, Malang: Universitas Negeri Malang, 2015.

Akdon, Strategic Managemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Bryson, John M. Perencanaan Strategis bagi Organisasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Coleman, Tony Bush Maranne. Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod, 2012.

Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2010.

Denzin, Norman K. Y Vonna S. Lincoln, (Eds), Handbook of Qualitative Reseach, Diterjamhkan oleh Dariayatno, dkk, Celeban: Pusaka Pelajar, 2016.

Depdiknas, Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, 2014

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdiknas, 2015.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Hamdan, Yusuf. Pernyataan Visi dan Misi Perguruan Tinggi, Jurnal Mediator, Volume. XVII No. 1 Jauari-Maret 2010, Universitas Islam Bandung (Unisba).

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Hartono, Bagaimana Menulis Tesis yang Baik, Malang: UMM Press, 2014.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Cordoba, 2018

Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008

Miarso, Yusuf Hadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2014.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Muhaimin, Managemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Mulyasa, H. Enco. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.

Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah. Jogyakarta: Ar-ruzz Media, 2013.

Paramitha, Devi. Urgensi Perumusan Visi, Misi dan Nilai-Nilai Pada Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Tarbawi Vol.01 No.01 tahun 2016 UIN Maliki Malang

Prabowo, Sugeng Listyo. Managemen Pengembangan Mutu Sekolah dan Madrasah, Cet. II; Malang: UIN-Malang Press, 2012.

Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2016.

Rohmat, Kepemimpinan Pendidikan, Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: Stain Press: 2015.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Supriyanto, Ahmad Sani. Metodologi Riset MSD, Malang: UIN Maliki Press, 2015.

Tadjudin, M.K. Asesmen Institusi untuk Penentuan Kelayakan Perolehan Status Lembaga yang Mengakreditasi Diri bagi Perguruan Tinggi: Dari Akreditasi Program Studi ke Audit Lembaga Perguruan Tinggi. Jakarta: BAN-PT, 2015.

Usman, Husaini. Manajemen:Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Yudianti, Anna Lisanna. Implementasi Visi dan Misi Sekolah dalam Membina Karakter Religius Siswa (Studi Komparasi di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta), Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.

Zahroh, Aminatul. Total Quality Management, Teori Dan Praktik Manajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta;Ar-Ruzz Media, 2014.


Article Statistic

Abstract view : 107 times
PDF views : 47 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.