IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU SISWA SMA NEGERI 1 BAMBAIRA KABUPATEN PASANGKAYU

Aco Mukmin(1*), Colle M. Said(2), Muh. Rizal Masdul(3)


(1) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.736

Abstract


Penelitian  ini membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Mengatasi Perilaku Siswa SMA Negeri 1 Bambaira Kabupaten Pasangkayu.Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penulis mencari data dengan menggunakan sumber penelitian primer dan sekunder, adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi nilai-nilai Islam dalam mengatasi perilaku siswa di SMA Negeri 1 Bambaira yaitu: (a) menerapkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan pembelajaran untuk mengatasi perilaku siswa, pada pelajaran PAI dan pelajaran umum, seperti pada mata pelajaran PAI menerapkan nila-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam misalnya: pemaaf, sabar, hormat kepada orang tua, kasih sayang, sopan santun, oleransi, musyawarah, kesopanan, saling menghargai dan lain-lain serta menghindari perilaku seperti: menyia-nyiakan waktu, malas, sombong, berbohong dan lain-lain, juga membiasakan siswa untuk mempraktekkan dan melaksanakan materi pelajaran dalam aktivitas di sekolah (b) menerapkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler yakni melaksanakan kegiatan zikir bersama dan ceramah agama pada hari jum’at, membentuk organisasi Rohani Islam (Rohis) yang bertugas untuk mengelola masjid sekolah, mulai dari pengontrolan kebersihan, penjadwalan azan dan kultum. Adapun dampak penerapan nilai-nilai Islam dalam mengatasi perilaku siswa di SMA Negeri 1 Bambaira, yaitu: (a) mengenalkan kepada siswa nilai-nilai ajaran Islam baik pada mata pelajaran PAI maupun pada mata pelajaran umum, seperti: PKn, Biologi, Sossiologi (b) siswa dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai ajaran Islam dengan cara membimbing siswa untuk memahami ajaran agama Islam melalui mata pelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (c) siswa mulai berubah perilakunya dan bersikap mengikuti ajaran agama Islam, misalnya siswa yang tadinya sangat malas mengikuti shalat Dzuhur berjama’ah mulai ikut shalat berjamaah dan (d) membiasakan siswa untuk bertanggung jawab dalam mengelola rumah ibadah (masjid sekolah), sehingga siswa memiliki perhatian terhadap tempat ibadah umat Islam. Kesimpulannya yakni nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler cukup efektif dalam mengatasi perilaku negatif siswa.

 

Kata Kunci        :  Implementasi, Nilai-nilai Islam, Perilaku siswa


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Ad-Dumaiji, Abdullah bin Umar. 2015. At-Tawakkal Alallah Ta’al, Jakarta: PT Darul Falah.

Al-Karazkani, Ibrahim. 2013. Taman Orang-Orang Yang Bertaubat, Cet. 6 , Jakarta: Pustaka Zahra

Amsyari, Fuad, 2013. Islam Kaffah Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta: Gema Insan Press.

An-Naisaburi, Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al Qusyairi, 2010. Shahih Muslim, Beirut-Lebanon: Darul Kitab al-‘Ilmiyah.

Arifin, M. 2013. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Zakiah, 2011. Dasar-dasar Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Pendidikan Nasional, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dolores, Albarracín, Blair T. Johnson, & Mark P. Zanna. 2011. The Handbook of Attitude. Routledge.

FAI Unismuh Palu, 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Makalah, Artikel, Laporan Penelitian, Proposal, Penelitian , Edisi. 8, Palu: FAI Unismuh Palu

Ghazali, Imam. 2014. Ihya’ Ulumuddin, Surabaya: Bintang Usaha Jaya.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Hadi, Sutrisno, 2012. Metode Research, (Yogyakarta: Andi Offset.

Jauhari, Muhammad Rabbi Muhammad. Keistimewaan Akhlak Islami, terj. Dadang Sobar Ali, Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian Agama RI, 2018. Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: Cordoba.

Ma’ruf, A. dkk, 2013. Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Ubhara Surabaya Press

Majid, Abdul. dkk. 2014. Pendidikan Agama Islam BerbasisKompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mishbah, M. Taqi, 2012. Monoteisme Sebagai Sistem Nilai dan Aqidah Islam, Jakarta: Lentera.

Moleong, Lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubarok, Achmad, 2011. Psikologi Qur’ani, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Muhadjir, Noeng, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. III; Yogyakarta: Rakesarin.

Muhaimin dan Abd. Mujib, 2012. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Bumi Aksara.

Muhaimin, 2010. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Pengefektifan PAI di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukni’ah, 2011. Materi Pendidikan Agama Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Mulyana, Rohmat, 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E, 2012. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramayulis, 2012. Psikologi Agama, Cet. X, Jakarta: Kalam Mulia

Sutrisno dan Muhyidin Albarobis. 2012, Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, 2012. Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya: Elkaf.

Tanzeh, Ahmad, 2016. Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Teras.

Toha, Chatib. dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, Filsafat Pendidikan. 2010. Yogyakarta: Teras.

Widiatmaja, Rochiati, 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Rosdakarya.

Zulkarnaein, 2014. Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Statistic

Abstract view : 9 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.