EFEKTIVITAS REMEDIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 BIROMARU

WINDASARI WINDASARI(1*), Surni Kadir(2), Normawati Normawati(3)


(1) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.727

Abstract


Remedial merupakan bagian dari tugas guru dalam melaksanakan proses pembelajaan. Kegiatan remedial merupakan kegiatan untuk memberikan pemahaman terhadap materi  pelajaran bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan dalam  belajar, sehingga acuan dari remedial adalah nilai criteria ketuntasan minimal (KKM). Siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal tersebut kemudian diajarkan kembali oleh guru, kemudian dievaluasi sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Remedial, PAI, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, AbuDan Widodo Suprianto, Psikologi Belajar (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. VIII, Jakarta: Depdiknas, 2016.

Depdiknas, Pedoman Kenaikan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Djamarah, Syaiful Bahri. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan terjemahnya, Jakarta: Kementerian Agama, 2016.

Kunandar, Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. VI, (Jakarta: Sinar Grafika, 2011), h. 3.

S.W,Ischak.Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar, Jogjakarta: Liberty, 2012

Sugihartono, dkk.Psikologi Pendidikan,Yogyakarta:UNY Press, 2014.

Suhartono,Irawan.Metode Penelitian Sosial, Cet. V, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Surahman,Wirahmat.Pengantar Penelitian Ilmiah, Cet. 8, Bandung: Tarsito, 1998.

Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada, 2012.


Article Statistic

Abstract view : 12 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.