MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU QALBUN SALIM KALUKUBULA KABUPATEN SIGI

Salwanur Salwanur(1*), Syarifuddin Syarifuddin(2), Asryad Said(3)


(1) Bagian PAUD, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian PAUD, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian PAUD, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.520

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di kelompok A PAUD Terpadu Qalbun Salim desa Kalukubula Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi? Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan kartu kata di kelompok A PAUD Terpadu Qalbun Salim desa Kalukubula Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 16 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A PAUD Terpadu Qalbun Salim desa Kalukubula Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masing-masing anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 6,25% meningkat pada Siklus I menjadi 56,25%, dan Siklus II meningkat sebesar 81,25%.


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Balai Pustaka.

Harun Rasyid dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini .Yogyakarta: Multi Pressindo.

Maimunah Hasan. 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).Yogyakarta: Diva Press.

Tadkiroatun Musfiroh. 2009. Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).


Article Statistic

Abstract view : 4 times
PDF views : 54 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.