KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH TAHANAN KELAS IIB DONGGALA

Paisal Paisal(1*), Andi Irawan(2), Pariyati Pariyati(3)


(1) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.512

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Rumah Tahanan Kelas IIB Donggala. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriktif kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi/pengamatan, wawancara/interview, dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 6 orang, yaitu 2 orang pengunjug atau keluarga tahanan, 2 orang petugas Rumah Tahanan, dan 2 orang narapidana. Data yang diperlukan terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelayanan di Rumah Tahanan Kelas IIB Donggala cukup berkualitas. Dari empat indikator kualitas pelayanan yang diteliti, yaitu kecepatan pelayanan, ketepatan pelayanan, kemudahan pelayanan, dan keadilan pelayanan menunjukkan bahwa pelayanannya cukup cepat, tepat, dan mudah. Hanya indikator keadilan yang masih menjadi masalah sebab masih ditemukan perlakuan yang kurang adil diantara narapidana, khsusnya narapidana dari keluarga pejabat atau orang kaya dan orang miskin/masyarakat biasa dimana ada tahanan dari keluarga orang kaya yang dapat bebas keluar masuk tahanan.


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosida, Bandung.

Ndraha, Taliziduhu. 2001. Ilmu Pemerintahan (Kibernology). Renika Cipta, Jakarta.

Nurcholis, Hanif. 2005. Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta, Rajawali Press

Ratminto & Winarsih, Atik Septi. 2010. Manajemen Pelayanan Publik Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Masa Depan; Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik, Refika Aditama, Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung.

Suhady, Idup & Sinaga, AM. 2003. Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahan Ajar Diktat Prajabatan III, Jakarta, Lembaga Administrasi Negara.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Memahami Good Governance Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia, Gava Media, Yogyakarta


Article Statistic

Abstract view : 13 times
PDF views : 28 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.