PELAKSANAAN FUNGSI ADMINISTRASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DONGGALA KODI KOTA PALU

Asran Musa(1*), Andi Irawan(2), Yahya Yahya(3)


(1) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.505

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui  pelaksanaan  fungsi  administrasi  pada  Sekolah  Dasar  Negeri  (SDN) Donggala Kodi Kota Palu 2. Untuk mengetahui factor-faktor penghambat pelaksanaan fungsi administrasi pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Donggala Kodi Kota Palu. Adapun kajian teori yang peneliti pergunakan yaitu Fungsi, Administrasi, Fungsi Administrasi, Administrasi Pendidikan, Pembelajaran, Mutu Pendidkan. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Donggala Kodi Kota Palu. Pengambilan informan mempergunakan Purposive yaitu 4 orang. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Guna memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data 1. Observasi. 2. Wawancara 3. Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yaitu 1. Pelaksanaan fungsi administrasi pada SDN Donggala Kodi Kota Palu berdasarkan kategori perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik. 2.  Faktor-faktor penghambat pelaksanaan fungsi administrasi pada SDN Donggala Kodi. Yaitu 1). Layaknya sebuah sekolah sudah tentu kompetensinya adalah pendidikan, sebagai pelaksana tugas pokok tersebut, dengan terbatasnya guru dan pegawai tata usaha sehingga terkadang menghambat aktivitas pembelajaran di SDN Donggala Kodi. 2). Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, maka sekolah memerlukan sarana dan prasarana penunjang, tidak saja hanya dalam arti peralatan kantor atau tata usaha, akan tetapi juga sarana lain yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar seperti penambahan ruang kelas sehingga dengan adanya ruang kelas yang rusak atau tidak memadai pada akhirnya menjadi faktor penghambat dalam fungsi administrasi


Full Text:

PDF

References


Cece Wijaya, dkk. 1990. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Moleong, Lexy, J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Modul Diklat Jarak Jauh. 2005. Manajemen Kearsipan. Departemen Hukum dan HAM RI, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai

Pasolong Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Alvabeta Bandung.

Silalahi Ulbert. 2011. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Suharsaputra. 2010. Administrasi Pendidikan. PT. Rafika Aditama, Bandung.

Sugandi Suprayogi Yogi. 2011. Administrasi Publik Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sukarna. 1990. Pengantar Ilmu Administrasi CV. Mandar Maju Bandung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi Negara. CV Alfabeta. Bandung.

Sjamsiar Sjamsuddin. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik. Intrans Publishing, Malang.

Syafie Kencana, 2006. Ilmu Administrasi Publik, Rineka Cipta, Jakarta.

Zauhar Soesilo. 1996. Reformasi Administrasi, Konsep, Dimensi, Dan Strateginya. PT Bumi Aksara Jakarta.


Article Statistic

Abstract view : 14 times
PDF views : 84 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.