KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK SESEIBI TALAGA KECAMATAN DAMPELAS KABUPATEN DONGGALA

Irmayani Irmayani(1*), Andi Irawan(2), Pariyati Pariyati(3)


(1) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.481

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan pendaftaran siswa baru di Kindegarden Seseibi Talaga, Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Jenis resarch ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dibutuhkan terdiri dari data primer dan sekunder. Sampel penelitian terdiri dari 5 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh yang dipaparkan oleh peneliti umumnya kualitas pelayanan pendaftaran siswa baru di TK Seseibi Talaga sudah baik. Berdasarkan 4 indikator kualitas pelayanan yang diteliti, yaitu ketepatan, kecepatan, murah, dan goreng. Masyarakat menilai bahwa kualitas layanan milik layanan yang akurat, kecepatan, dan ramah.


Full Text:

PDF

References


Barata., Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. PT. Gramedia. Jakarta.

Dwiyanto., Agus et al. 2007. Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta. Gava Media

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Masa Depan; Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik. Refika Aditama. Bandung,

Suhady,. Idup. 2003. Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahan Ajar Diktat Prajabatan III. Jakarta. Lembaga Administrasi Negara.


Article Statistic

Abstract view : 1 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.