PERSEPSI PUBLIK TERHADAP PENGELOLAAN HUTAN POPULASI DI DESA SALUBOMBA, KECAMATAN BANAWA TENGAH KABUPATEN DONGGALA

Ardiansyah Ardiansyah(1*), Rosmaniar Gailea(2), Abdur Rauf(3)


(1) Bagian Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.476

Abstract


Hutan rakyat mempunyai manfaat yang sangat penting bagi lingkungan dan kehidupan manusia sehingga perlu dikelola dengan baik untuk memperoleh manfaat ekonomi dan ekologis, maka dibutuhkan usaha untuk mempertahan keberadaan/kelestariannya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pengelolaan hutan rakyat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Salubomba Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala yang berlangsung bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2017. Penentuan responden dilakukan dengan metode purposive sampling (sengaja) dengan pertimbangan bahwa responden tersebut merupakan masyarakat yang terlibat langsung/berpartisipasi dalam pengelolaan hutan rakyat. Untuk mengukur tingkat persepsi masyarakat terhadap pengelolaan hutan rakyat di Desa Salubomba Kecamatan banawa Tengah Kabupaten Donggala yang dilakukan dengan metode Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa pengelolaan hutan rakyat  di Desa Salubomba sudah tergolong tinggi. Yang di tandai dengan sebanyak 30 orang atau persepsi lebih besar dari 53,95 % sedangkan persepsi tidak baik sebanyak 20 orang atau sebesar 0–59,94 %.


Full Text:

PDF

References


Kemenhut: Kementerian Kehutanan. 2010. Rencana Strategi 2010-2014 Jakarta (ID): Kementerian Kehutanan.

Mindawati, N,. A. Widiarti dan Budi Rustaman. 2006. Review Hasil Penelitian Hutan Rakyat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor.

Rizal, AHB. 2012. Sosiologi Kehutanan dalam Pengelolaan hutan.

Sardjono MA. 2004. Mosaik Sosiologi Kehutanan : Masyarakat Lokal. Politik dan Kelestarian. Sumber daya. Yogyakarta : Debut Press.

Simon H. 2010. Dinamika Hutan Rakyat di Indonesia. Yogyakarta (ID) : Pustaka Pelajar.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).

Rafiudin. (2012). SISTEM ADMINISTRASI PENGELOLAAN HUTAN (STUDI KASUS) PADA KANTOR DINAS KEHUTANAN KABUPATEN MOROWALI SULAWESI TENGAH. Jurnal Sains Dan Teknologi, 13(1), 37–49.

Rafiudin, & Alam, A. S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM HKM DI DESA TRANS SAUSU KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG SULAWESI TENGAH. In Seminar Internasional Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako Palu (Vol. 1, p. 59).


Article Statistic

Abstract view : 4 times
PDF views : 13 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.