ANALISIS SISTEM PENYALURAN DANA BIDIKMISI PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU

Zakia Zakia(1*), Burhanuddin Burhanuddin(2), Sarifuddin Sarifuddin(3)


(1) Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.457

Abstract


Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi. Sistem Informasi Manajemen (SIM) telah ada sebagai sarana informasi yang memungkinkan perencanaan serta pengendalian operasi. Terutama dalam kontrol penyaluran dana bidikmisi. Mengacu pada perundang-undangan dan kenyataan tentang program beasiswa, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian pendidikan dan kebudayaan mulai tahun 2010 telah meluncurkan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa, dan terjadi peningkatan pada tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem penyaluran dana bidikmisi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Sehingga bidikmisi membantu mahasiswa yang berekonomi lemah namun memiliki kemampuan intelektual. Tahapan-tahapan dan syarat untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi tidak terlalu sulit. Program tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang memiliki potensi akademik yang memadai dan kurang mampu secara ekonomi untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri pada program studi unggulan yang disebut  Program Bidikmisi.  Sistem penyaluran dana bidikmisi di FKIP Untad Palu sudah efektif, transfer dana kerekening mahasiswa yang di terapkan saat ini dengan cara pertriwulan.


Full Text:

PDF

References


Bharata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media. Komputindo.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta.

Lewis, Carol W., and Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bass.

McLeod, Raymond, Jr. 1996. Sistem Informasi Manajemen. Jilid 1, PT. Prenhalindo, Jakarta

Wahyudi Kumorotomo & Subando Agus Margono. 2004. Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi-organisasi Public. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rajindra. (2014). Analisis Pengelolaan Dana Pinjaman Program Pemberdayaan Masyarakat Keluarga Miskin Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala. Jurnal Sinar Manajemen, 2(2), 167–180.

Rajindra. (2008). Kajian Need Assesment Usaha Ekonomi Desa (UED) di Kabupaten Donggala. Jurnal Lmiah Masagena, 3(1), 13–47.

Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Keputusan Menteri, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pedoman Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2017, Jakarta: Januari 2017

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi Pasal 5


Article Statistic

Abstract view : 2 times
PDF views : 13 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.