FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS LAMBUNU 1 KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Yuliati Yuliati(1*), Sudirman Sudirman(2), Zhanaz Tasya(3)


(1) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.452

Abstract


Pelayanan antenatal care merupakan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan untuk ibu selama masa kehamilannya sampai masa melakukan persalinan, yang dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan antenatal yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelayanan antenatal care di Wilayah Kerja Puskesmas Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 orang ibu hamil diperoleh dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus penentuan sampel dari 111 populasi ibu hamil yang terdaftar di Puskesmas Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara sikap bidan dengan nilai p = 0.11 (p < 0.05) dan standar pelayanan ANC dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05), dengan pelayanan ANC ibu hamil di Puskesmas Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah didapatkan ada hubungan kedua variabel independen (sikap bidan dan standar pelayanan ANC) dengan variabel dependen (pelayanan ANC). Ditujukan bagi pihak Puskesmas agar selalu meningkatkan sosialisasi melalui penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan di pelayanan kesehatan dengan tujuan menurunkan angka kematian ibu dan bayi setiap tahunnya.

Full Text:

PDF

References


Agustini. 2013. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga Dengan Cakupan Pelayanan Antenatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 1, No. 2

Departemen Kesehatan RI. 2013. Data dan Informasi Pedoman Pelayanan Antenatal Care Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta.

Dewi, Nur Islami. 2013. Hubungan pengetahuan dan sikap antenatal care dengan keteraturan kunjungan antetal care pada ibu postpartum di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Arjowinangun Kota Malang.E-Jurnal Keperawatan Gizido Volume 4.

Fatmawati. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Antenatal Dengan Frekuensi Antenatal Care Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Wirobrajan. Yogyakarta.

Linawati. 2017. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016. Tentang Kesehatan Ibu dan Anak. Palu

Notoatmodjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).

Rafiudin. (2012). SISTEM ADMINISTRASI PENGELOLAAN HUTAN (STUDI KASUS) PADA KANTOR DINAS KEHUTANAN KABUPATEN MOROWALI SULAWESI TENGAH. Jurnal Sains Dan Teknologi, 13(1), 37–49.

Rafiudin, & Alam, A. S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM HKM DI DESA TRANS SAUSU KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG SULAWESI TENGAH. In Seminar Internasional Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako Palu (Vol. 1, p. 59).

Sentiawati. 2013. Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trisemester III Tentang Antenatal Care Di RSUD Surakarta. Jurnal Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada Surakarta.


Article Statistic

Abstract view : 5 times
PDF views : 61 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.