HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI SUNTIK PADA AKSEPTOR KB DI KELURAHAN PANASAKAN KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

Revina Revina(1*), Jamaluddin Sakung(2), Finta Amalinda(3)


(1) Bagian Biostatistik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Gizi Kesmas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Biostatistik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.451

Abstract


Kontrasepsi suntik merupakan metode kontrasepsi non jangka panjang yang diberikan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB ini di Indonesia semakin banyak dipakai dan juga menjadi salah satu kontrasepsi yang sangat digemari karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman serta menjadi pilihan mayoritas ibu-ibu. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dimana yang digunakan untuk mengukur variabel independent dan variabel dependent secara bersamaan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan suami dan pemilihan kontrasepsi suntik pada akseptor KB. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin yang berjumlah 91 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan Uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan pemilihan kontrasepsi suntik pada akseptor KB dengan nilai p = 0,669 > 0,05, ada hubungan bermakna antara Dukungan Suami dengan pemilihan kontrasepsi suntik pada akseptor KB dengan nilai p = 0,005 < 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi bacaan di perpustakaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu agar lebih meningkatkan upaya evaluasi serta pendekatan program dan kegiatan peningkatan pencapaian penggunaan metode kontrasepsi dalam pemilihan alat kontrasepsi Suntik di Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

Full Text:

PDF

References


Arliana, Dita, Ode, Wa. 2012. Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Hormonal Pada Akseptor Kb Di Kelurahan Pasarwajo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Makassar : UNHAS.

Asrullah, 2017. Pencapaian Akseptor KB Aktif Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli 2016. DPPKB.

Astuti, Dewi. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Suntik. Jurnal Keperawatan, Volume XI, Nomor 2.

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulawesi Tengah. 2012. Capaian Penggunaan Alat Kontrasepsi Dan Keluarga Berencana. Sulteng : BKKBN.

Badan Pusat Statistik. 2014. Survey Sosial Ekonomi Nasional. Jakarta : BPS.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Jurnal Faktor-Faktor PUS Dalam Memilih Kontrasepsi Suntik. Jakarta : EGC.

Erna, Ariani. 2012. Hubungan Antara Akses KB Dengan Pemilihan Kontrasepsi Hormonal Dan Non Hormonal Di Kabupaten Purworejo Berita Kedokter Masyarakat, Volume 25, Nomor 2, Juni 2009.

Mujiati. 2014. Data Dan Informasi Kesehatan. Jakarta.

Tita, Restu, Yuliasari. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Keluarga Berencana Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Setelah Melahirkan Di Rskia Ummi Khasanah Bantul. FK-Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.


Article Statistic

Abstract view : 85 times
PDF views : 118 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.