HUBUNGAN KEPADATAN HUNIAN DAN VENTILASI RUMAH DENGAN PENYAKIT ISPA PADA ANAK BALITA DI PUSKESMAS WANI KABUPATEN DONGGALA

Iksan Iksan(1*), Firdaus J. Kunoli(2), Budiman Budiman(3)


(1) Bagian Kesling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Bagian Kesling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.449

Abstract


Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan salah satu masalah kesehatan yang ada di negara maju dan berkembang. Hal ini karena tingginya angka kesakitan dan kematian akibat ISPA pada anak balita. Menurut laporan WHO, angka kesakitan akibat infeksi saluran pernafasan akut mencapai 8,2% (Suryani dkk, 2015).Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyebab kematian pada anak di negara berkembang. Hampir semua kasus kematian karena ISPA pada anak adalah ISPA bagian bawah terutama pneumonia. ISPA bagian atas hanya sedikit yang mengakibatkan kematian tetapi dapat mengakibatkan sejumlah kecacatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penyakit ISPA pada anak balita di Puskesmas Wani Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Data penelitian ini didapat dengan wawancara kepada responden dengan menggunakan checklist (daftar isian). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kondisi ventilasi rumah dengan penyakit ISPA pada balita (p=0,000<0,05). Sebaliknya, tidak ada hubungan yang bermakna antara kondisi kepadatan hunian dengan penyakit ISPA. Hasil penelitian ini menyarankan agar instansi kesehatan melakukan pengendalian dan penanganan terhadap kasus penyakit ISPA pada balita.


Full Text:

PDF

References


Dinkes Jateng, 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Provinsi Jawa Tengah tahun 2008-2012.

Munaya, 2013. Faktor Resiko Penyakit ISPA Non Phenoumonia Anak balita di Wilayah Kerja Puskesmas Magersari, Kecamatan Magelang Selatan Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

Musdalifah, 2017. Hubungan Kondisi Lingkungan dengan Penyakit ISPA pada Masyarakat di Kebun Kopi Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Skripsi, Tidak Dipublikasikan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu.

Novitasari, 2013. Pemetaan Penyakit ISPA Pada Anak balita Usia (0-5) Tahun Berdasarkan Kelurahan Di Puskesmas Srondol Semarang Tahun 2013. Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro.

Riset Kesehatan Dasar. 2007. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.


Article Statistic

Abstract view : 125 times
PDF views : 100 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.