Strategi Pemasaran Bawang Goreng di Kota Palu (Studi Kasus UD. Sri Rejeki)

Marketing Strategy for Fried Onions in Palu City (A Case Study of UD. Sri Rejeki)

  • syaifuddin Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marliana Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Adriana Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Bawang Goreng, UD. Sri Rejeki, Strategi Pemasaran

Abstract

Untuk mengantisipasi persaingan usaha yang lebih ketat, dianggap perlu untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal usaha bawang goreng UD. Sri Rejeki dapat ditetapkan strategi pemasaran untuk membantu meningkatkan volume penjualan sekaligus mengembangkan produknya menjadi produk unggulan lokal yang berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran bawang goreng pada UD Sri Rejeki di Kota Palu. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai Mei 2023. Responden yang dipilih berjumlah 9 orang yakni: pemilik usaha (1 orang), bagian produksi (1 orang), dan bagian pemasaran (1 orang), serta konsumen (6 orang).  Metode pengumpulan data menggunakan metode survei, berupa data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil penelitian diperoleh yakni, memaksimalkan semua potensi sebagai produk lokal yang sudah punya brand dan tempat yang strategis (ST 1), menciptakan suasana yang nyaman dan pelayanan prima terhadap konsumen yang melakukan pembelian langsung di tempat usaha maupun dengan yang menggunakan teknologi e-commers (ST 2); melakukan inovasi dan pengembangan (ST 3); meningkatkan kerja sama dengan seluruh stakeholders (ST 4);  meningkatkan  mutu produk  (ST 5);  Melakukan perencanaan pembelian bahan baku dan bahan penolong yang harganya fluktuatif (ST 6); Membangun kemitraan dengan petani penyedia bahan baku lokal demi menjaga kestabilan harga bahan baku  (ST 7); Melakukan promosi dan sosialisasi tentang pemanfaatan produk lokal (ST 8).

Published
2024-02-27
Section
Articles