Analisis Kelayakan Usaha Keripik Pisang Tanduk Di Desa Olaya, Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong (Studi Kasus PT. Riska Mulia Sejahtra)

Feasibility Analysis of the Horned Banana Chips Business in Olaya Village, Parigi District, Parigi Moutong Regency (Case Study of PT. Riska Mulia Sejahtra)

  • sofya Rasyid Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marliyah
  • Marliana A. Amin
Keywords: Keripik Pisang Tanduk, Kelayakan Usaha

Abstract

Keripik pisang adalah salah satu hasil olahan dari pisang tanduk yang banyak digemari oleh masayarakat dari semua kalangan. Layaknya sebuah usaha, dibutuhkan sebuah kajian tentang bagaimana pendapatan dan kelayakan usaha tersebut demi keberlangsungan dan kontinuitas produksinya, sehinga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan kelayakan usaha keripik pisang tanduk pada PT. Riska Mulia Sejahtra di Desa Olaya Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong, yang dilaksanakan dari Bulan Oktober sampai Desember 2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mana penentuan respondennya ditentukan secara sengaja (Purposive) yakni pemilik usaha tersebut. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan kelayakan usaha. Hasil perhitungan dilakukan hanya bulan November 2022, sehingga diperoleh pendapatan usaha keripik pisang tanduk pada PT. Riska Mulia Sejahtra sebesar Rp. 2.858.639 dan nilai kelayakan usahanya sebesar 1,52 (R/C > 1) artinya usaha ini layak untuk dijalankan.

Published
2024-02-15
Section
Articles