Analisis Pemasaran Jagung Hibrida Di Desa Boladangko Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi

  • Sofya A. Rasyid Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Irmawaty Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Alex Romi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer Share, Jagung Hibrida

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran, menganalisis margin dan mengetahui bagian harga yang diterima petani(farmer share) pemasaran jagung hibrida di Desa Boladangko Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Boladangko merupakan salah satu desa penghasil jagung hibrida di Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Februari - April 2022. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jumlah sampel untuk masing-masing adalah 15 responden petani jagung hibrida, 2 responden pedagang pengumpul, dan 2 responden untuk pedagang pengecer sehingga keseluruhan sampel dalam penelitian ini adalah 19 responden.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, biaya, keutungan, margin pemasaran, dan bagian harga yang diterima petani (farmer share). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran di Desa Boladangko yaitu : saluran pemasaran I :  petani       pedagang pengecer      konsumen  dan saluran pemasaran kedua  : petani      pedagang pengumpul       konsumen (peternak ayam).  Besarnya margin pemasaran pada saluran I Rp. 1.000,-/kg, dengan total biaya pemasaran sebesar Rp.190,-/kg, sehingga memperoleh keuntungan Rp.810,-/kg. Pada saluran II besarnya margin pemasaran Rp. 500,-/kg, dengan total biaya pemasaran sebesar Rp.310,-/kg, sehingga memperoleh keuntungan Rp.190,-/kg.  Pada saluran I farmer share yang diterima petani sebesar 80,00 %. Sedangkan pada saluran II farmer share yang diterima petani sebesar 80,89 %.  Farmer share yang terdapat pada saluran pemasaran I dan II di Desa Boladangko Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi dikatakan efisien karena  > 50%.

Published
2022-08-15
Section
Articles