Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Cabai Rawit di Desa Jononunu Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong

Factors Affecting Cayenne Chili Production in Jononunu Village, West Parigi District, Parigi Moutong Regency

  • Haeruddin Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Irmawaty Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arlina Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Cabai Rawit, Faktor-faktor Produksi, Produksi, Cobb-Douglas

Abstract

Permasalahan belum maksimalnya produksi cabai rawit dikarenakan kombinasi dari masukan-masukan yang dilakukan petani berpengaruh terhadap produksi cabai rawit. Dalam pencapaian produksi yang tinggi, faktor produksi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam melakukan usahatani cabai rawit sehingga diperlukan ketepatan dalam mengkombinasikan faktor faktor produksinya. Apabilapenggunaan faktor produksi tidak tepat maka kemungkinan produksi yang dihasilkan secara ekonomi tidak menguntungkan, maka tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan faktor faktor produksi terhadap produksi cabai rawit di Desa Jononunu Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jononunu Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Desa Jononunu salah satu daerah produksi Cabai Rawit. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 petani cabai rawit. Berdasarkan penelitian faktor-faktor yang memengaruhi produksi cabai rawit di Desa Jononunu Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong secara simultan ketiga variabel yang digunakan yaitu luas lahan, bibit dan pupuk berpengaruh nyata secara signifikan terhadap produksi cabai rawit yaitu luas lahan, bibit dan pupuk.

 

References

Agus Fianda, Fadli dan Zuriani, 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kentang Di Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Jurnal AGRIFO • Vol. 1 • No. 1.
Anggoro, Hadi P. dan Yenni, K. 1999.Pemuliaan tanaman cabai rawit dalam buku Agribisnis cabai rawit. PT Penebar Swadaya, anggota IKAPI. Jakarta.
Arikunto. 2010. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek.Rineka Cipta, Jakarta.
Anita agnes, Made A. 2017. Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Tani Cabai rawit Di Desa Sunju kecamatan Marawola Kabupaten Sigi.EJurnal.Agrotekbis.Vol 5 No 1. ISSN: 2338-3011.
Andayani Sri Ayu, 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Cabai rawit Merah. Jurnal Penelitian Universitas Majalengka Vol 1 No 3 Tahun 2016.
F. Deviani, D. Rochdiani, and B. Saefudin, 2019. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usahatani BuncisDi Gabungan Kelompok Tani Lembang Agri Kabupaten Bandung Barat," Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, vol. 3, no. 2.
Muhajirin., Damayanti, Yusma, & Elwamendri, (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Padi Sawah di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun.Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 17(1).
Rifki Ardian, W. S. 2017. Perbandingan pendapat usahatani cabai rawit dengan menggunakan pupuk organik dan pupuk campuran (organik dan anorganik). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata.Vol 6, No. 1, 244.
Soekartawi, 2003. Analisis usaha tani.(UI-Press). Jakarta.
_________, 2006.Analisis usaha tani.(UI-Press). Jakarta.
_________, 2016.Analisis usaha tani.(UI-Press). Jakarta.
Sarina, Eddy S dan Defi P. 2015.Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi cabai rawit merah di Desa Kampung Melayu kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal penelitian Universitas Prof.Dr.Huzairin,SH. Bengkulu.
Sugiyono, 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.CV Alfabeta, IKAPI, Cetakan ke 23. Bandung.
Suharsih, 2017. http://www.solopos.com/2017/02/15 /pertanian -klaten-produksicabai rawit-rawit-capai-8-424-kuintal-setahun-793003. (online) di akses pada 24 februari.
Hasanuddin, Tubagus. 2009. Akar Penyebab Kemiskinan Petani Hortikultura di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Bandar Lampung: Jurnal Agrikultura. Vol.20, No. 3.
Zulkifli M dan M. Yusuf A. 2017.Sukses Budidaya Cabai rawit Dengan Teknologi Mulsa. Cetakan Pertama. Pustaka Mina. Anggota IKAPI. Jakarta.
Published
2022-02-02
Section
Articles