Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Usahatani Tomat di Desa Kotarindau Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi

Channel Analysis and Marketing Margin of Tomato Farming in Kotarindau Village, Dolo District, Sigi Regency

  • Muhammad Syaifuddin Nasrun Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sofya A Rasyid Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fadlia Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Saluran dan Margin Pemasaran, Usahatani Tomat

Abstract

Menjalani kegiatan pertanian bukan hanya sebatas memproduksi atau melakukan kegiatan pertanian, baik budidaya tanaman maupun beternak sehingga memperoleh hasil pertanian yang berlimpah. Tetapi dibalik itu, bagaimana pemasaran untuk hasil usahatani agar dapat menguntungkan dari segi ekonomi. Produktivitas pertanian yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak sepenuhnya dapat diserap oleh pasar. Oleh karena itu, pemasaran untuk hasil usaha tani menjadi kata kunci dalam kegiatan pertanian, agar produk pertanian bisa sampai ke pasar atau konsumen akhir. Namun sayangnya, sistem pemasaran yang berlangsung di Indonesia belum bisa berjalan secara efektif dan efisien. Besarnya perbedaan harga atau marjin pemasaran yang relatif besar masih menjadi tantangan utama dalam pemasaran hasil pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran dan margin pemasaran   usahatani tomat di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.  Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Kotarindau merupakan salah satu daerah penghasil tomat yang ada di Kecamatan Dolo.  Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli sampai dengan September 2019. Responden dalam penelitian ini adalah 13 orang petani tomat, 1 orang pedagang pengumpul dan 2 orang pedagang pengecer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Berdasarkan hasil analisis saluran pemasaran tomat di Desa Kotarindau Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi merupakan saluran dua tingkat, yaitu : Petani →Pedagang Pengumpul→ Pedangan Pengecer → Konsumen. Margin pemasaran yang diperoleh ditingkat pedagang pengumpul sebesar Rp 1.000/kg, dan ditingkat pedagang pengecer sebesar Rp 2.000/kg, sehingga margin total pada saluran pemasaran tomat di Desa Kotarindau adalah sebesar Rp. 3000,-/kg,

References

Arni, 2017. Metode Penelitian Bola Salju (Snowball Sampling Methods). https:// sebuah catatan kecilkami. blogspot.com/2017/03/metode- penelitian-bola-salju-snowball.html. 1 Desember 2019.
Daniel, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.
Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara : Jakarta.
Mujiburahmad, 2011. Analisisis Produktivitas Usahatani Tomat BEerbasis Agroklimat, (Kasus Dataran Medium dan Dataran Tinggi). Jurnal Agribisnis, 1(2);2-10, 2011. Unigha.
Sobirin, 2009. Efisiensi Pemasaran Pepaya di Kecamatan Subang Kabupaten Bayumas.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian.Bandung: Alfabeta
Sumudiningrat, G. 2000. Visi dan Misi pembangunan Pertanian Berbasis Pemberdayaan. IDEA, Yogyakarta.
Published
2022-02-02
Section
Articles