ANALISIS TIME COST QUALITY TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jembatan Ngelo)

Andi Rizal(1*)


(1) Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/siimo.v2i1.446

Abstract


Dalam suatu proyek konstruksi waktu, biaya dan kualitas, umumnya dibatasi pada proses pelaksanaannya. Dikarenakan pembiayaan yang sesuai dengan anggaran, waktu yang yang harus dicapai sesuai dengan jadwal. Ketiga faktor diatas merupakan faktor yang penting agar proyek konstruksi dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan antara waktu, biaya dan kualitas dalam proyek konstruksi dengan menggunakan metode Time Cost Quality Trade-Off. Time Cost Quality Trade-Off merupakan metode optimasi yang diformulasikan untuk memberikan kemampuan untuk meminimalkan waktu dan biaya sekaligus memaksimalkan kualitas konstruksi. Dari hasil perhitungan yang dilakukan pada Proyek Pembangunan Jembatan Ngelo dengan menggunakan metode Time Cost Quality Trade-Off, kemudian ditentukan solusi terbaik dari hasil yang telah dihitung. Solusi terbaik untuk proyek Pembangunan Jembatan Ngelo adalah solusi satu (181 hari, Rp 7,880,718,610.00, 91%) dan solusi lima (180 hari, Rp 7,696,460,823.00, 89%). Hubungan antara waktu, biaya dan kualitas yang didapat dari hasil penelitian ini adalah semakin besar kualitas yang digunakan dalam suatu proyek konstruksi maka biaya proyek konstruksi akan mengalami peningkatan yang artinya biaya proyek tersebut semakin besar. sedangkan waktu proyek konstruksi akan mengalami penurunan yang artinya semakin cepat proyek tersebut diselesaikan.                          

Kata Kunci : Proyek Konstruksi, Time Cost Quality Trade-Off


References


Ramon, J., and Cristobal, S., 2009, Time, Cost and Quality Road Building Project, Journal of Construction Engineering and Management.

Rayes, K., and Kandil, A., 2005, Time-Cost-Quality Trade-Off Analysis for Hightway Construction, Journal of Construction Engineering and Management.

Wenfa, H., and Xinhua, H., 2013, An Innovative Time-Cost-Quality Trade-Off Modeling of Building Construction Project Based on Resource Allocation, The Scientific World Jurnal Vol 2014.


Article Statistic

Abstract view : 18 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 29 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter View My Stats