Desain Kinerja Struktur dengan Menggunakan Analisis Pushover pada Bangunan Gedung di Kota Palu

Arzal M Zain(1*)


(1) Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

Abstract


Resiko gempa pada gedung seringkali menjadi faktor utama pada keruntuhan gedung terutama pada daerah-daerah dengan tingkat resiko gempa yang tinggi. Kota Palu sesuai dengan peraturan gempa yang berlaku masih merupakan salah satu daerah dengan tingkat resiko gempa yang tinggi di Indonesia. Saat ini telah ada beberapa metode untuk menilai kinerja bangunan terhadap pengaruh gempa kuat, di antaranya adalah analisis pushover. Sehingga pada penelitian ini dicoba menganalisis suatu bangunan gedung yang diasumsikan terletak di Kota Palu kemudian dilakukan analisis pushover pada bangunan tersebut. Hasil analisa pushover dengan metode spektum kapasitas yang sesuai dengan ATC-40 memeberikan titik kinerja dengan target perpindahan (displacement target) sebesar 41.327 mm. Berdasarkan perpindahan tersebut maka diketahui rasio perpindahan sebesar 0.0021 yang berarti tingkat kinerja gedung masih berada pada tingkat kinerja Immediate Occupancy Level.

Kata Kunci : gempa, desain kinerja struktur, pushover


References


ATC, 1996, ATC-40 Seismic Evaluation and Retrofit of Concrete Buildings, Volume I, California Seismic Safety Commission, California.

Dewobroto, W.,2013, Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000, Lumina, Jakarta.

PPIUG 1983, Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung, Departemen Pekerjaan Umum, Bandung.

SNI-1726-2002, Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Bandung.


Article Statistic

Abstract view : 4 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.