PELAYANAN PUBLIK DALAM MENUNGJANG GOOD GOVERNMENT DI KANTOR KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALA
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Guna memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data 1. Observasi. 2. Wawancara 3. Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian yaitu dengan indikator 1. Ketepatan. Aparat pemerintah kecamatan tepat dalam memberikan pelayanan. 2. Kecepatan. Aparat pemerintah kecamatan belum cepat memberikan pelayanan, 3. Murah. Menunjukan bahwa pelayanan dalam kategori murah 4. Ramah. Menunjukan bahwa aparat pemerintah kecamatan ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
References
Dwiyanto, Agus, 1995. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. Fisipol, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Gomes Cardoso Faustino, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Keban, Yeremis T, 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu. Gava Media, Yogyakarta.
Kurniawan Agung, 2005, Transformasi Pelayanan Publik, Cetakan Pertama, Pembaharuan, Bantul Yogyakarta.
Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Akademi Manajemen Perusahaan. YPKN, Yoyakarta.
Miles, Matthew. B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, (terjemahan) Tjetjep Rohendi Rohidi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS), Jakarta.
Moenir, H.A.S. 2008, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.
Musanef, l998, Manajemen Kepegawaian, Aksara. Bandung.
Muchlas, Makmuri, 2005, Perilaku Organisasi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Ndraha 2001, Birokrasi Pemerintahan, Lembaga Administrasi Negara RI. Jakarta.
Prawirosentono, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja Karyawan. BPFE, Yogyakarta.
Ratiminto dan Winarsih 2005, Manajemen Pelayanan, Mismar, Jakarta.
Robbins, S.P, 1996. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Prenhallindo, Jakarta.
Ryaas Rasyid, 1997, Birokrasi Pemerintahan Politik Orde Baru, Yasrif Watampone, Jakarta.
Sianipar, J.P.G. 2000 Manajemen Pelayanan Masyarakat. Lembaga Administrasi Negara RI. Jakarta.
Tjandara. Riawan W. 2005. Peningkatan Kepasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik. Pembaharuan, Yogyakarta.





