STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PULAU KELELAWAR DI DESA TOMOLI KECAMATAN TORIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

  • Syafrudin R. Dg. Mapodji Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu
  • Moh Tofan Samudin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurmiati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi, Pengembangan Pariwisata, Pulau Kelelawar

Abstract

Obyek wisata Pulau Kelelawar, di Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun potensi yang tinggi tersebut masih kurang perhatian dari Pemerintah setempat untuk mengoptimalkan pengembangan obyek wisata baik sarana maupun prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di objek wisata pulau Kelelawar dan apa saja strategi pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong, dalam mengembangkan pariwisata di objek wisata pulau Kelelawar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada analisis SWOT yang dikemukakan oleh Hunger dan Wheleen dalam penentuan alternatif strategi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan Pariwisata Pulau Kelelawar di Desa Tomoli adalah Strategi menggali potensi wisata alam dan buatan Desa Tomoli untuk meningkatkan daya tarik wisata, Strategi menyusun pemodelan kawasan Pulau Kelelawar yang didasari pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan/ramah lingkungan, strategi meningkatkan kapasitas dan peran masyarakat dalam membangun pariwisata di Pulau Kelelawar, dan strategi penguatan kesadaran masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata di Desa Tomoli

References

Tripomo, T dan Udin. 2005. Manajemen Strategis. Bandung: Rekayasa Sains
Oliver, S. 2007. Strategic Public Relations. Jakarta : Erlangga : Jakarta
Abimanyu, A. 2000. Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Rakyat. Bandung Banten
David, R. F. 2010. Strategic Management. Jakarta: Selemba Empat
Demartoto, A. 2009. Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat, Sebelas Maret University Press, SurakartaDo
Hadiwijoyo, S.S. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Handoko, T. H. 2001. Manajemen. Yogyakarta: PT BPFC
Hunger, J. D & Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi.
J.A. Muljadi. 2012. Pariwisata dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Jakarta:
Marr, B (2006). Strategic Performance Management: Laveraging an Measuring Your Intangible Value Drivers. Berlington USA: Elsevier
Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. 2000. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit di Bidang Pemerintah dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor : KM.18/HM.001/MKP/2011 Tentang PEDOMAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PARIWISATA. 2011
Published
2024-02-15
Section
Articles