PELAYANAN AKTA LAHIR DAN KARTU KELUARGA CETAK DI TEMPAT DI KANTOR KELURAHAN GUNUNG BALE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Akta lahir dan Kartu Keluarga cetak ditempat di Kantor Kelurahan Gunung Bale Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi atau pengamatan, wawancara (interview), dan dokumentasi. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, pedoman wawancara, dan peralatan penunjang seperti alat tulis dan perekam. Lokasi utama penelitian adalah di kantor Kelurahan Gunung Bale.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan Akta Lahir dan Kartu Keluarga cetak ditempat di Kantor Kelurahan Gunung Bale belum tergolong baik karena masih warga/masyarakat Kelurahan Gunung Bale belum mengetahui adanya Kegiatan Pelayanan Akta Lahir dan Kartu Keluarga di Kantor Lurah Gunung Bale Kecamatan Banawa padahal Pelaksanaan pelayanan senantiasa dilakukan tepat waktu, baik dalam hal memulai kegiatan pelayanan maupun dalam penyelesaian layanan. Pelayanan berjalan cukup cepat, yaitu cepat dalam memulai pelayanan dan cepat dalam penyelesaian permohonan layanan. Biaya pelayanan murah sebab pelayanan gratis atau bebas biaya. Pengguna layanan hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk datang ke kantor kelurahan dan biaya foto copy berkas yang diperlukan. Selain itu, sikap petugas pelayanan ramah kepada pengguna layanan
References
Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2007.
Dwiyanto, Agus et al, Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2007.
----------------------------, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2008.
----------------------------, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2008.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Kumorotomo, Wahyudi, Akuntabilitas Birokrasi Publik Sketsa Pada Masa Transisi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2008.
Lembaga Administrasi Negara.2004. System Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Indonesia (SANKRI); Dalam Landasan Dan Pedoman Pokok Penyelenggaraan Dan Pengembangan System Administrasi Negara
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosida, Bandung, 2007.
Muttaqin, Andika, Politik Anggaran: Studi Kasus Formulasi 20% Anggaran Pendidikan, Yogyakarta, 2010.
Nraha, Taliziduhu, 2001, Ilmu Pemerintahan (Kibernology), Renika Cipta, Jakarta.
Ratminto & Winarsih, Atik Septi, Manajemen Pelayanan Publik Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2010.
Santoso, Panji, Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance, Refika Aditama, Bandung, 2008.
Sedarmayanti, Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Masa Depan; Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik, Refika Aditama, Bandung, 2009.
Sinambela, Poltak, 2006, Reformasi pelayanan Publik, Bumi Aksara Jakarta.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2009.
Suhady, Idup. Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bahan Ajar Diktat Prajabatan III, Jakarta, Lembaga Administrasi Negara, 2003.
Sulistiyani, Ambar Teguh, Memahami Good Governance Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia, Gava Media, Yogyakarta, 2004.
---------------------------------, Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik), Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009.
Tangkilisan, Hessel Nogi T., Manajemen Publik, PT. Grasindo, Jakarta, 2007.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Kelurahan
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 Tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81/1995 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Umum.
Keputusan Menpan Nomor 06/1995 tentang Pedoman Penganugrahan Piala Abdisatyabakti Bagi Unit Kerja/Kantor Pelayanan Percontohan.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/VII/2003 Tentang Transparansi Pelayanan Publik





