KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN PALU

  • Dirman Sandewa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mohamad Tofan Samudin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu
  • Pariyati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Publik

Abstract

Penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan publik pada Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, berdasarkan visi Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palu “Mewujudkan Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu yang andal, terdepan, dan unggul dalam pelayanan jasa SAR maka diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pelayanan kepada publik.  penentuan informan secara purposife dengan menetapkan 7 orang menjadi informan. Dari keseluruhan pembahasan mengenai kualitas pelayanan publik menunjukkan masih adanya faktor penghambat tercapainya pelayanan publik yang baik. Walaupun semua dimensi ini di jalankan dengan professional dan kompeten oleh pihak Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palu. Jika dilihat lebih dalam lagi bahwa Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palu adalah lembaga non kementrian yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan (Search And Rescue/SAR) dan dalam melaksanakan tugasnya selalu berpedoman kepada undang-undang yang diatur oleh pemerintah.

References

Kurniawan Agung 2005, Transformasi Pelayanan Publik, Cetakan Pertama, Pembaharuan, Bantul Yogyakarta.
Barata Adya Atep 2003, Dasar-dasar Pelayanan Prima. Gramedia Jakarta
Ratiminto dan Winarsih 2005, Manajemen Pelayanan, Mismar, Jakarta.
Sugiono 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung
Basrowi, Suwandi, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Rieka Cipta, Jakarta
Moenir, AS1998. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta
Nasir Muhammad, 1999, Metode Penelitian, Ghalia, Jakarta Indonesia
Muradi Dan Rusli, Z. 2013, Akuntabilitas Pelayanan Publik, Jurnal Administrasi Pembangunan 1 (2) : 101-218
Pamudji, 1982. Perbandingan pemerintahan.Bina Aksara, Jakarta.
Patilima Hamid, 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung
Cokromodjojo, Bintoro, 1978. Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES, Jakarta
Gie, The Liang 1982. Administrasi Perkantoran Modern. Nur Cahaya, Jakarta
Saksono Slamet 1997 Adminstrasi Kepegawaian, Kanisius Jakarta
Suhudy, Idup 2000, Kebijaksanaan Pendayagunaan Aparatur Negara. Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta
Tjandara. Riawan W, 2005. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik. Pembaharuan, Yoyakarta
Zainun, Buchari 1990. Administrasi Dan Kepegawaian Pemerintah Negara Indonesia. CV. Haji Masagung, Jakarta
Published
2022-08-23
Section
Articles