Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur

  • Parendreng Parendreng Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur
  • Tasnim Tasnim STIKES Mandala Waluya Kendari
  • La Ode Kamalia STIKES Mandala Waluya Kendari
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pasien, RSUD Kabupaten Kolaka Timur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi bauran pemasaran terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih. Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 17.400 KK. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 96 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling. Data dioleh menggunakan uji chi square dan koefisien phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kontribusi antara sedang product terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,445). Ada kontribusi sedang antara place terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,462). Ada kontribusi sedang antara price terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,553). Ada kontribusi kuat antara promotion terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,622). Ada kontribusi kuat antara people terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,675). Ada kontribusi kuat antara physical evidence terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,794). ada kontribusi lemah antara proses terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,295). Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur dapat memberikan potongan harga untuk pemeriksaan pada waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan tingkat kunjungan pasien baru .

 

References

Hartono, B. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

Irham, U. 2011. Pengaruh Bauran Pemsaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rs Umum 165 Moncongloe Lappara Kab. Maros Skripsi Universitas Hasanuddin.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Masita, A., Yuniar, N. & Lisnawaty, L. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa Tanailandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1.

Mubarak, W. I. 2011. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika, 38, 1-127.

Napirah, M. R., Rahman, A. & Tony, A. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota, 4, 29-39.

Prasetijo, R. & Ihalauw, J. J. 2005. Perilaku Konsumen, Edisi I. Andi Offset, Yogyakarta.

Ria, A. R. & Sofiyani, A. 2018. Pengaruh Intellectual Capital, Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2013-2016. Iain Surakarta.

Rsud Kolaka Timur 2018. Profil Rsud Kabupaten Kolaka Timur. Rate-Rate.

Rsud Konawe Utara 2018. Profil Rsud Kabupaten Konawe Utara. Wanggudu.

Sabarguna, B. S. 2004. Pemasaran Rumah Sakit. Yogyakarta: Konsorsium Rsi, 1-21.

Sanjaya, H. G. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Masakan Jepang Di Hayashi Teppan (Survei Terhadap Konsumen Hayashi Teppan Di Food Court Bec). E-Journal Graduate Unpar, 1, 199-210.

Sudirman, Yani, A. and Putri, L. A. R. (2019) ‘The quality of service at hospital based on servqual approach’, Indian Journal of Public Health Research and Development, 10(8). doi: 10.5958/0976-5506.2019.02186.7.

Supriyanto, S. & Ernawati, M. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Edited By O. Hs. Yogyakarta: Andi.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 118.

Zeithaml, V. A. 2000. Mry Jo Bitner.(2000). Service Marketing, Integrating Customer Focus Across The Firm.

Published
2019-12-15
Section
Original Articles