Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi bauran pemasaran terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih. Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 17.400 KK. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 96 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling. Data dioleh menggunakan uji chi square dan koefisien phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kontribusi antara sedang product terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,445). Ada kontribusi sedang antara place terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,462). Ada kontribusi sedang antara price terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,553). Ada kontribusi kuat antara promotion terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,622). Ada kontribusi kuat antara people terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,675). Ada kontribusi kuat antara physical evidence terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,794). ada kontribusi lemah antara proses terhadap keputusan pasien (0,000 < 0,05;φ 0,295). Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur dapat memberikan potongan harga untuk pemeriksaan pada waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan tingkat kunjungan pasien baru .
Â
References
Hartono, B. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.
Irham, U. 2011. Pengaruh Bauran Pemsaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rs Umum 165 Moncongloe Lappara Kab. Maros Skripsi Universitas Hasanuddin.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Masita, A., Yuniar, N. & Lisnawaty, L. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa Tanailandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1.
Mubarak, W. I. 2011. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika, 38, 1-127.
Napirah, M. R., Rahman, A. & Tony, A. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota, 4, 29-39.
Prasetijo, R. & Ihalauw, J. J. 2005. Perilaku Konsumen, Edisi I. Andi Offset, Yogyakarta.
Ria, A. R. & Sofiyani, A. 2018. Pengaruh Intellectual Capital, Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2013-2016. Iain Surakarta.
Rsud Kolaka Timur 2018. Profil Rsud Kabupaten Kolaka Timur. Rate-Rate.
Rsud Konawe Utara 2018. Profil Rsud Kabupaten Konawe Utara. Wanggudu.
Sabarguna, B. S. 2004. Pemasaran Rumah Sakit. Yogyakarta: Konsorsium Rsi, 1-21.
Sanjaya, H. G. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Masakan Jepang Di Hayashi Teppan (Survei Terhadap Konsumen Hayashi Teppan Di Food Court Bec). E-Journal Graduate Unpar, 1, 199-210.
Sudirman, Yani, A. and Putri, L. A. R. (2019) ‘The quality of service at hospital based on servqual approach’, Indian Journal of Public Health Research and Development, 10(8). doi: 10.5958/0976-5506.2019.02186.7.
Supriyanto, S. & Ernawati, M. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Edited By O. Hs. Yogyakarta: Andi.
Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 118.
Zeithaml, V. A. 2000. Mry Jo Bitner.(2000). Service Marketing, Integrating Customer Focus Across The Firm.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.