KONDISI LINGKUNGAN DAN KEBIASAAN CUCI TANGAN TERHADAP KEJADIAN DIARE DI PENGUNGSIAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANTOLOAN

  • Nur Rismawati Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Pasca bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah 28 oktober menimbulkan berbagai penyakit, khususnya di lokasi pengungsian. Penyakit diare menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi di lokasi pengungsian, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kondisi lingkungan dan kebiasaan cuci tangan dengan kejadian diare di pengungsian wilayah kerja puskesmas pantoloan. Jenis penelitian yang digunakan observasional bersifat analitik dengan pendekatan restrospektif menggunakan metode case control dimana pengambilan data variabel akibat (dependen) dilakukan terlebih dahulu kemudian diukur variabel sebab yang telah terjadi pada waktu yang lalu. Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilakukan untuk kondisi lingkungan diperoleh p value = 0,194 artinya tidak ada hubungan antara kondisi lingkungan dengan kejadian diare, sedangkan untuk kebiasaan cuci tangan dengan kejadian diare di peroleh p value = 0.001  artinya memiliki hubungan antara kebiasaan cui tangan dengan kejadian diare.

 

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Penanganan Bencana Gempa Bumi M7,4 dan Tsunanmi di Sulawesi Tengah. 2018.

Ariani AP. Diare: Pencegahan dan Pengobatannya. Yogyakarta: Nuha Medika; 2016.

Kustini. Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Penanganan Pertama Diare Pada Anak Usia 1- 5 Tahun. J Kebidanan. 2018;10.

Dinkes Provinsi Sulteng. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Palu: Dinkes Provinsi; 2017.

Pusat Krisis Keseshatan. Kerusakan Fasilitas Kesehatan. 2018.

Puskesmas Pantoloan. Profil Puskesmas Pantoloan. Palu: Puskesmas Pantoloan; 2018.

Siti Ramlah. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit Diare Pada Masyarakat Di Desa Tumpapa Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Universitas Muhammadiyah Palu; 2017.

Hilda Iriyanti. Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan Kejadian Diare Pada Balita. J Kesehat Masy. 2018;8.

World Health Organization. WHO Guidelines on Hand Hygiene in Healthcare, First Global Patient Safety Challenge Clean Care is Safer Care. Geneva: WHO Pers; 2009.

Published
2019-06-15
Section
Original Articles