KEJADIAN DIARE TIGA BULAN TERAKHIR DENGAN STATUS PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN RIWAYAT ASI EKSLUSIF

  • Syahdan Syahdan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Salah satu cara Diare menjadi salah satu penyakit yang selalu ada di setiap catatan angka morbiditas di setiap pusat pelayanan kesehatan baik dari tingkat primer hingga rumah sakit di seluruh dunia. Di Indonesia pada tahun 2013 diare adalah pembunuh balita nomor dua setelah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dan 100.000 balita meninggal akibat diare, prevalensi diare dalam riskesdas tahun 2013. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk dapat menurunkan angka kejadian diare. Penelitian ini bertujuan ingin melihat apakah ada hubungan antara pengetahuan, sikap pada ibu terkait diare, riwayat asi ekskusif pada anak dengan kejadian diare yang di derita selama 3 bulan terkahir. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitan ini adalah anak berusia 10 bulan - 60 bulan dengan jumlah 120sampel. Nilai variable pengetahuan P value 0,000 dengan nilai lebih kecil dari nilai Alpha 0.05 artinya terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan angka kejadian diare dalam 3 bulan terakhir. Variabel sikap dan asi ekslusif memiliki nilai P Value 0,704 dan 0,683 yang artinya tidak terdapat hubungan pada 2 variabel tersebut dengan angka kejadian diare dalam 3 bulan terakhir.Pemahaman perlu selalu ditingkatkan agar semakin meningkat pengetahuan ibu tentang diare ini, pemanfaatan media digital bisa dipertimbangkan untuk dapat mempromosikan lebih baik akan masalah diare ini dan cara pencegahannya.

 

References

CaJacob NJ CM. Diarrhea. 2016.

Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Sistem Informasi Kesehatan Daerah Samarinda. Samarinda: Dinas Kesehatan Kota Samarinda; 2018.

Riskesdas. Riset Kesehatan Dasar Nasional (Riskesdas) tahun 2013. Jakarta: Badan Litbangkes; 2013.

Puskesmas Palaran. “Data Surveilans Rutin Terpadu Penyakit Berbasis Puskesmas (Kasus Baru).†Samarinda; 2018.

Departemen Kesehatan. Buku saku Petugas Kesehatan : Lima Langkah Tuntaskan Diare. Jakarta: Depkes;

Irawan AT. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Diare pada Balita di Wilyah Kerja UPTD Puskesmas Rajagaluh Kabupaten Majalengka Tahun 2015. J Keperawatan dan Kesehat. 2016;2.

Sugiono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2016.

Siswanto dkk. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Jakarta: Pustaka Ilmu; 2014.

Kosasih sulastri. Gambaran pengetahuan ibu terkait diare pada anak usia balita di Kelurahan Padasuka. J Keperawatan Indones. 2018;

Khasanah U, Sari GK. Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan perilaku pencegahan diare pada balita. J Kesehat Samodra Ilmu. 2016;7(2).

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Astuti RF. Hubungan Kebermaknaan Hidup Dengan Kecemasan Terhadap Kematian Pada Orang Dengan Hiv-Aids (ODHA). 2018;

Published
2019-06-15
Section
Original Articles