Perilaku Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala

  • Herman Herman Bagian Promosi Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM Universitas Tadulako
  • Arie Wibowo Bagian Ilmu Gizi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM Universitas Tadulako
  • Nurdin Rahman

Abstract

Penyalahgunaan narkoba kelompok pelajar di Sulawesi Tengah sejumlah 27,9% (BNN & PUSLITKES UI, 2014). Kabupaten Donggala termasuk dalam 4 besar prevalensi penyalahguna narkoba tertinggi dimana kelompok pelajar sejumlah 1074 orang dari total 3977 orang penyalahguna dengan populasi berusia antara 10-59 tahun (BNN, 2015). BNNK Donggala melalui seksi rehabilitasi menunjukkan ada peningkatan signifikan jumlah pelajar yang menjalani rehabilitasi setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan Penelitian sejumlah 12 orang yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu (purposive sampling). Hasil penelitian ini menunjuk-kan pengetahuan informan belum cukup baik karena kurang paham terhadap informasi yang diterima, hal ini ditunjukkan dimana informan bersikap acuh dan memiliki kecenderungan untuk tetap menggunakan narkoba karena sudah mengalami kecanduan. Peraturan/kebijakan sekolah ditujukan pada upaya-upaya pembinaan dan pengawasan melalui kerjasama dengan pihak terkait. Sekolah aktif mengikuti kegiatan penyuluhan baik di internal sekolah maupun di luar sekolah dengan melibatkan seluruh komponen sekolah. Diharapkan sekolah lebih aktif dalam melakukan edukasi mengenai narkoba dan bahaya penyalahgunaann-ya, mengoptimalkan peran Guru Bimbingan Konseling serta merumuskan suatu kebijakan tentang pelanggaran narkoba yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan terkait penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa.

References

Kusmiran, Eny. 2012. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

BNN. 2009. Advokasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bagi Petugas Lapas Dan Ruta. Jakarta: Pusat Pencegahan Lakhar, BNN.

UNODC. World Drug Report 2017. New York: UNITED NATIONS.

BNN RI. 2015. Laporan Akhir Survey Nasional Perkembangan Penyalahgunaan Narkoba Tahun anggaran 2014. Jakarta: BNN.

Ismail, Wahyuni. 2017. “Teori Biologi Tentang Perilaku Penyalahgunaan Narkobaâ€. Biotek 5: 127-43.

Af’idah, Sofia Anisatul. 2016. “Metode Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Satuan Tugas Anti Narkoba Sekolah.†Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Nurmaya, Alya. 2016. Penyalahgunaan Napza Di Kalangan Remaja (Studi Kasus pada 2 Siswa di MAN 2 Kota Bima). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(1), 26-32.

Budiartha. 2009. “Data Kasus Narkoba Tahun 2004 s/d 2008.†Bali.

Idris, Muhammad and Surya Ningrat Salehudin. 2017. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyalahgunaan Napza pada Remaja di RT/RW 003/004 Kelurahan Inolobu Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konaweâ€. E Jurnal kesehatan.

Nkiruka, Ezeokoli Rita., Omosefe, Omozusi Mercy and Phebe, Abraham Chimurunwa. 2017. An Assessment of Adolescents Knowledge and Perceived Susceptibility of Peer Group Relationship on Substance Abuse in Select-ed Secondary Schools in Ikenne Local Government Area of Ogun State Nigeria. South Journal of Culture and Development Vol 9(1).

Stenberg, L. 2005. Cognitive and Affective Development in Adolescence. Trends in Cognitive Sciences, 9;69-74.

Fitriani, Oki., Handayani Sarah and Nur Asiah. 2017. Determinan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja di SMAN 24 Jakarta. Arkesmas, 2(1),Jan-Juni.

Sunaryo. 2017. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Narkoba dan Sikap Menggunakan Narkoba Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sleman.†JKM Stikes Wira Husada Vol.10 No.2/2017.

Saepudin, Anas. 2017. Pengaruh Implementasi Program Advokasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Ter-hadap Partisipasi Lembaga Pendidikan Menengah dan Tinggi dalam Mewujudkan Efektivitas Pencegahan Pen-yalahgunaan Narkoba. Jurnal Publik, Vol.11,No.1:65-74.

Juita, Erna Bahrun and Nurhasanah. 2016. “Program Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narko-ba Di SMAN 13 dan SMAN 7 Banda Aceh.†Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 1 (November): 8-13.

Published
2019-02-06
How to Cite
Herman, H., Wibowo, A., & Rahman, N. (2019). Perilaku Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(1), 21-26. https://doi.org/10.56338/mppki.v2i1.524