Analisis Pelaksanaan Rujukan Pasien Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta BPJS Kesehatan DI Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan

  • Heni Andiaswaty Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Mappeaty Nyorong Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Anto J. Hadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
Keywords: Rujukan, Puskesmas, JKN

Abstract

Sistem rujukan merupakan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Tingginya angka rujukan non-spesialistik di Pusk-esmas Padangmatinggi pada tahun 2018 sebesar 663 (6,17%) bertolak belakang dengan program JKN yang seha-rusnya mampu memaksimalkan fungsi puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksa-naan program rujukan rawat jalan tingkat pertama di puskesmas Padangmatinggi kota Padangsidimpuan Tahun 2019. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualItatif yang dilakukan diwilayah kerja Puskesmas Padangmatinggi dengan menggunakan metode wawancara mendalam, dan observasi kepada kepala Pusk-esmas Padangmatinggi, pegawai tata usaha, dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, pengelola obat, dan pasien BPJS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puskesmas Padangmatinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan seperti pelaksanaan rujukan dalam era JKN masih belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga mempengaruhi tingginya angka rujukan. Fasilitas sarana kesehatan belum memadai dan belum sesuai dengan Kom-pedium Alat Kesehatan, serta jenis dan jumlah obat yang masih belum terpenuhi dan belum sesuai dengan standar daftar obat dalam Formularium Nasional. Pengetahuan pasien tentang konsep gatekeeper juga masih kurang. Ber-dasarkan hasil penelitian diharapkan Puskesmas Padangmatinggi dapat menjalankan rujukan sesuai dengan prosedur, memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang JKN khususnya sistem rujukan berjenjang dan tentang konsep gatekeeper, dan mengevaluasi kembali perencanaan obat. Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan juga diharapkan bekerja sama dengan puskesmas dalam melengkapi fasilitas alat kesehatan dan juga obat-obatan.

References

Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. HUBUNGAN KUALI-TAS PELAYANAN HOME CARE DENGAN TINGKAT PUSKESMAS BATUA KOTA MA-KASSAR The Relation Of Home Care Service Quality And Family ’ s Patient Statisfaction In Ba-tua Public Health Center Jobs Area , Makassar City. 2019;9(0451):122–8.

Kementrian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2014.

BPJS Kesehatan. Panduan Praktis Rujukan Berjen-jang BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan; 2014.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 001. Sistem Ru-jukan Pelayanan Kesehatan Perorangan. Jakarta: Peraturan Menteri Kesehatan; 2012.

Peraturan Menteri Kesehatan. Sistem Rujukan Pela-yanan Kesehatan. Jakarta: Peraturan Menteri Kesehatan; 2012.

Published By: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

MPPKI (Januari, 2020) Vol. 3. No. 1

Copyright © 2018 MPPKI. All rights reserved

Kesehatan B. Info BPJS Kesehatan Edisi XI. Info BPJS Kesehat Ed XI. 2014;XI.

Kesehatan B. Panduan Praktis Rujukan Program Rujuk Balik Bagi Peserta JKN. Jakarta: BPJS Kesehatan; 2014.

Padangsidimpuan BK. Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan. 2018.

Padangmatinggi P. Profil Kesehatan Puskesmas Pa-dangmatinggi. Padangsidimpuan: Puskesmas Pa-dangmatinggi; 2018.

BPJS Kesehatan. Jumlah Kunjungan Pasien Peserta BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015. Jakarta: BPJS Kesehatan; 2015.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2010.

Dahlan M.S. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. 5th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Published
2020-05-15
How to Cite
Andiaswaty, H., Nyorong, M., & J. Hadi, A. (2020). Analisis Pelaksanaan Rujukan Pasien Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta BPJS Kesehatan DI Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(2), 143-147. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1084