ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SPRING BED PADA PT. DONGGALA BINTANG LESTARI PALU

  • Nasrulhak Akkas Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran PT. Donggala Bintang Lestari Palu guna meningkatkan penjualan. Metode analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam meningkatkan penjualan spring bed pada PT. Donggala Bintang Lestari Palu. Dari hasil analisis SWOT diketahui nilai S<O yaitu (0,35 < 0,36), strategi yang dapat digunakan adalah membuka lokasi baru, dan memberikan potongan penjualan jika konsumen melakukan pembelian ulang. Nilai W<O yaitu sebesar (0,24 < 0,36), strategi yang dapat digunakan adalah memberikan pelatihan bagi para karyawan dengan mendatangkan tenaga ahli sebagai instruktur, untuk meningkatkan keahlian karyawan dan menambah tenaga pemasaran. Nilai S>T yaitu (0,35 > 0,29), strategi yang dapat digunakan adalah memberikan pelatihan bagi para karyawan dengan mendatangkan dengan terus meningkatkan kualitas dan keragaman produk agar konsumen merasa puas dengan produk yang dibeli dan dengan meningkatkan desain produk agar lebih unik dan menarik lagi. Sedangkan nilai W<T yaitu sebesar (0,24 < 0,29), strategi yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi dan dengan meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien

 

References

Basu Swastha Dharmestha dan Hani, T. Handoko, 2008. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, BPFE, Yogyakarta.

Kasmir dan Jakfar, 2003. Studi Kelayakan Bisnis, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Prenada Media, Jakarta.

Moleong, J Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy 2006. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sutojo Siswanto dan F. Kleinsteuber, 2002. Menyusun Strategi Harga, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Damar Mulia Pustaka, Jakarta.

Amir, A. M., Su’un, M., & Rajindra. (2014). KAJIAN KEBERHASILAN PROGRAM KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA DIKABUPATEN DONGGALA.

Jumiyati, S., Rajindra, R., Arsyad, M., Pulubuhu, D. A. T., & Hadid, A. (2019). Strategy of agrarian-forestry crisis management: Participation, collaboration, and conflict. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 235, p. 12041). IOP Publishing.

Jumiyati, S., Rajindra, R., Tenriawaru, A. N., Hadid, A., & Darwis, D. (2017). Sustainable Land Management and Added Value Enhancement of Agricultural Superior Commodities. International Journal of Agriculture System, 5(2), 198–206.

Kadir, H. A., & Rajindra, R. (2018). PUBLIC SERVICE ANALYSIS ON IMPROVING COMMUNITY SATISFACTION. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 69–73.

Mujahud, Rajindra, & Joshua. (2019). Decision for Buying Fashion Products for Students Through Online Stores in the City of Makassar.

Rajindra. (2013a). Analisis Mapping Data Perindikator Menurut Versi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 16(2).

Rajindra. (2013b). Pengaruh Kebijakan Pendanaan dan Modal Kerja terhadap Kemampuan Produksi dan Kinerja Keuangan UMKM di Kabupaten Donggala. Jurnal Sinar Manajemen, 1(1), 80–92.

Rajindra. (2014). Analisis Pengelolaan Dana Pinjaman Program Pemberdayaan Masyarakat Keluarga Miskin Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala. Jurnal Sinar Manajemen, 2(2), 167–180.

Rajindra. (2016a). Financial Leverage and SMEs Performance: Empirical Evidence from Donggala District, Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(Financial Performance, SMEs,), http--www.

Rajindra. (2016b). KINERJA KEUANGAN UMKM.

Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.

Rajindra, R., Burhanuddin, B., Wahba, W., Guasmin, G., & Febrianti, D. (2018). EFFECT OF WORKING CAPITAL AND PRODUCTION ABILITY TO FINANCIAL PERFORMANCE OF UMKM. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 9–23.

Wekke, I. S., Rajindra, R., Pushpalal, D., Samad, M. A., Yani, A., & Umam, R. (2019). Educational Institution on Responding Disasters in Palu of Indonesia.

Yusuf, D., Rajindra, R., Kadir, H. A., Marwana, M., & Mutmainnah, M. (2018). Field Performance Family Planning Officer. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 61–68.

Yusuf, D., Rajindra, R., & Prasetya, F. A. (n.d.). ANALISIS PENERIMAAN PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN DONGGALA. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS TADULAKO, 5(1), 471–478.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Penerbit : Andi, Yogyakarta

Published
2019-04-22
How to Cite
Akkas, N. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SPRING BED PADA PT. DONGGALA BINTANG LESTARI PALU. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 79-88. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i1.553
Section
Articles