Jurnal Riset Bisnis Digital https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD en-US jurnaljrbd@gmail.com (Admin) Mon, 01 Dec 2025 14:34:51 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Brand Image Dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9420 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, pengetahuan keuangan, dan pengalaman keuangan terhadap perilaku keuangan pada pelaku startup bisnis di Kota Palu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kausal. Populasi penelitian adalah 274 usaha startup kuliner, dengan sampel 73 responden yang ditentukan menggunakan teknik non-probability sampling jenis insidental. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan, pengetahuan keuangan, dan pengalaman keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Secara parsial, masing-masing variabel independen juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi keuangan, pengalaman, serta pendapatan yang memadai dalam membentuk perilaku keuangan yang baik pada pelaku startup.</p> Agung Setia Budi, Sarifuddin. T, Nasrulhak Akkas Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Bisnis Digital https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9420 Mon, 01 Dec 2025 13:21:06 +0700 Analisis Human Capital Dan Transformasi Digital Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Perusahaan Social Media Agency Pt Soalpalu Media Grup https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9419 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara <em>human capital</em> dan transformasi digital dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan di lingkungan perusahaan angensi media sosial PT Soalpalu Media Grup. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap enam informan yang memiliki peran penting dalam proses transformasi digital perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital yang diterapkan dalam operasional kerja memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan efisiensi, kualitas kerja, dan kolaborasi antar karyawan. Namun, keberhasilan transformasi tersebut sangat dipengaruhi oleh kesiapan dan kompetensi sumber daya manusia (<em>human capital</em>) dalam memahami, mengadaptasi, dan memanfaatkan teknologi secara optimal. <em>Human capital</em> dengan tingkat literasi digital yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan kolaboratif terbukti mampu menjadi penggerak utama dalam proses digitalisasi, sekaligus meningkatkan produktivitas kerja secara berkelanjutan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran pelatihan, budaya organisasi yang mendukung inovasi, serta kepemimpinan yang transformatif dalam menjembatani tantangan digitalisasi. Dengan demikian, integrasi antara penguatan kapasitas SDM dan strategi digital menjadi kunci utama dalam menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan di era digital.</p> <p>&nbsp;</p> Muhammad Qadri Anwar, Rajindra, Rukhayati Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Bisnis Digital https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9419 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0700 Dampak Leverage Keuangan Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Aneka Tambang Tbk Periode 2010 – 2024 https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9418 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak leverage terhadap profitabilitas PT. Aneka Tambang Tbk. Metode penelitian ini kuantitatif dengan jenis kausal, teknik analisis data yang digunakan regresi linier sederhana untuk membuktikan hipotesis. Adapun tahun pengamatan yaitu 15 tahun dari periode 2010-2024. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini diketahui bahwa tidak berpengaruh signifikan antara leverage terhadap profitabilitas, temuan lainnya juga bahwa tidak terdapat hubungan yang searah atau pengaruhnya negatif dengan nilai koefisien sebesar -0,252.</p> Difva Gilang Ananda, Dicky Yusuf, Burhanuddin Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Bisnis Digital https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9418 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Kualitas Produk Skincare Skintific Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9416 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Skincare Skintific Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Alat analisis yang digunakan pada penelitian adalah analisis regresi Sederhana dengan jumlah sampel sebesar 97 responden, Hasil pengujian analisis regresi Sederhana berdasarkan besarnya koefisien determinasi (<em>R</em> Square) = 0.762, artinya variabel kualitas produk mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 76,2% sisanya sebesar 23,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kepuasan konsumen tercermin dari rasa percaya terhadap merek, kesediaan untuk melakukan pembelian ulang, serta keinginan untuk merekomendasikan produk kepada orang lain. Hasil pengujian signifikansi menunjukkan bahwa terdapat nilai probabilitas sebesar 0,000 ? 0,05. Nilai tersebut dapat membuktikan bahwa “kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen”. Kemudian, dari hasil tabel diperoleh T-hitung sebesar 6.554 dan probabilitas sebesar 0,000. Karena sig 0,000 &lt; 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk secara Parsial berpengaruh kepuasan konsumen<em>. </em></p> Iftita Kending, Sirajudin , Cahyaning Raheni Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Bisnis Digital https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/9416 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Pengetahuan Dan Kesadaran Terhadap Praktik Pencatatan Keuangan Digital Di Lingkungan Start Up Bisnis Kota Palu https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/8953 <p>Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengelolaan keuangan pada bisnis rintisan (start-up). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan kesadaran terhadap praktik pencatatan keuangan digital pada pelaku start-up bisnis di Kota Palu. Fenomena masih rendahnya penggunaan sistem pencatatan keuangan digital menjadi latar belakang penting dalam penelitian ini, mengingat potensi manfaat yang besar dalam efisiensi dan akurasi pengelolaan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 30 pelaku start-up yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 112 pelaku start-up yang terdaftar di bawah pembinaan IBTI Maleo Techno Center. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengetahuan dan kesadaran berpengaruh signifikan terhadap praktik pencatatan keuangan digital. Secara parsial, kesadaran memiliki pengaruh signifikan, sedangkan pengetahuan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kesadaran individu lebih dominan dalam mendorong adopsi pencatatan keuangan digital dibandingkan sekadar pengetahuan teknis.</p> Ahirudin, Rajindra, Guasmin Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Bisnis Digital https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JRBD/article/view/8953 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0700