Potensi Manusia dan Aplikasinya terhadap Pendidikan
Abstract
Manusia terlahir ke dunia dengan membawa potensi (fitrah), fitrah- fitrah tersebut harus mendapat tempat dan perhatian serta pengaruh dari faktor-faktor lingkungan manusia untuk mengembangkan dan melestarikan potensinya yang positif dan sebagai penangkal dari hal-hal yang negatif sehingga manusia dapat hidup searah dengan tujuan Allah yang menciptakannya, yaitu penghambaan dirinya kepada Allah untuk memperoleh energi, keberuntungan dan kebahagiaan.
References
Nursalam N, Efendi F. Pendidikan Dalam Keperawatan Education in Nursing. Salemba Medika; 2008.
Gafur A, Israk I. POTENSI DASAR MANUSIA DAN APLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2018;2(1):61–8.
Tabrani ZA. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran dengan Pendekatan Tafsir Maudhui. Serambi Tarbawi. 2014;2(1).
Syaickhu A. PENGARUH MANAJEMEN PENGELOLAAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL, TINGKAT RELIGIUSITAS MUSTAHIQ, DAN TINGKAT PENDIDIKAN MUSTAHIQ TERHADAP PEMBERDAYAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TULUNGAGUNG DAN KOTA KEDIRI. IAIN Tulungagung; 2017.
Rijal F. BELAJAR MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN. J HANDAYANI PGSD FIP UNIMED. 6(2):82–90.
Gunawan I. Metode penelitian kualitatif. Jakarta Bumi Aksara. 2013;143.
Syarif M. Tugas Pendidikan Islam dalam Mengembangkan Fitrah Manusia. TARBIYA Islam J Pendidik dan Keislam. 2018;7(2):208–22.
PRIMADONA H. KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP. 2009;
Suryadi RA. Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish; 2018.
Jannah F. Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional. Din Ilmu J Pendidik. 2013;13(2).
Syarbini M. Pendekatan Saintifik Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 1 Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Sidorejo. Neraca J Pendidik Ekon. 2019;5(1):23–6.
Azis R. Ilmu Pendidikan Islam. 2019;
Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).