Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Asrama di SMP IT Qurrota A’yun Palu

  • Abdul Mufarik Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu
  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Muhammad Muhammad Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Sugianto D. Kalamunting Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program asrama di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT) Qurrota A'yun Palu. Masalah pokok tersebut dirumuskan dalam tiga sub pokok permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program pesantren di SMP-IT Qurrota A'yun Palu. 2) Bagaimana implementasi strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program pesantren di SMP-IT Qurrota A'yun Palu. 3) Bagaimana hasil yang telah dicapai dalam implementasi berupa strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program pesantren di SMP-IT Qurrota A'yun Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan dekumentasi, melalui analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang diakhiri dengan pengecekan keabsahan data.

References

Muchlis M. Pembinaan akhlak melalui program boarding school: Multi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dan Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2012.

Susiyani AS. Manajemen boarding school dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. J Pendidik madrasah. 2017;2(2):327–47.

Bafadhol I. Pendidikan Agama Islam (PAI) di Islamic Boarding School. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2017;5(10).

Khasanah U. IMPLEMENTASI SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus SMP Miftahul Ulum Boarding School Demak). Fakultas Agama Islam UNISSULA; 2018.

Raco J. Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. 2018;

Walidin W, Idris S. Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press; 2015.

Anggito A, Setiawan J. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.

Published
2021-07-01
How to Cite
Mufarik, A., Lasawali, A. A., Masdul, M. R., Muhammad, M., & Kalamunting, S. D. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Asrama di SMP IT Qurrota A’yun Palu. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(2), 78-82. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i2.888
Section
Articles