Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Biromaru Kecamatan Sigi Kabupaten Sigi

  • Nirmala Paputungan Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • H. Saude Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Sefullah Bombang Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Implementasi kebijakan, Kepala Sekolah, prestasi belajar, siswa

Abstract

Pendidikan merupakan sektor penting bagi pembangunan kualitas dan kesejahteraan  bangsa,  serta  menjadi  sarana  investasi  Sumber  Daya  Manusia  (SDM)  yang efektif.  Seiring  dengan  era  baru  system  otonomi  daerah, dunia pendidikan mengalami perubahan drastis menuju system desentralisasi. Penyerahan wewenang terhadap pelaksanaan pendidikan di daerah ini, merupakan kebijakan baru dunia pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap model dan kurikulum di sekolah. Tujuan: Untuk melihat bagaimana bentuk kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Biromaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Metode: Jenis penelitian ini menggunakann pendekatan kualitatif deskritif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, staf tata usaha, dan siswa SMP 1 Negeri Biromaru. Teknik pengumpulan data bersifat triangulasi dengan wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Hasil:  Menurut informan, bentuk kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Biromaru adalah peningkatan kinerja guru melalui pemberdayaan perangkat dan supervise kelas, pelatihan guru melalui kegiatan MGMP dan workshop, instruksi pengembangan proses pembelajaran berdasarkan karakteristik dan kempuan peserta didik, membawa dan membaca Alquran bagi peserta didik muslim, dan menginstruksikan pemanfataan masjid untuk peningkatan praktek-praktek amal ibadah. Kesimpulan: peningkatan kinerja guru melalui pemberdayaan perangkat pembelajaran dan supervisi kelas merupakan  salah satu bentuk kebijakan  kepala sekolah SMP  1 Negeri Biromaru.

References

Purba S. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Sektor Pendidikan. J Gener Kampus. 2010;3(01):65–80.

Azra A. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Prenada Media; 2019.

Putra RE. Formulasi Kebijakan Anggaran Pendidikan dalam Mewujudkan Peningkatan Pemerataan Pendidikan Era Otonomi Daerah di Kabupaten Solok. J Demokr. 2010;9(2).

Megiati YE. Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya. SAP (Susunan Artik Pendidikan). 2016;1(2).

Wahono M. Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik. 2018;29(2):145–51.

Huda S. PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MI MA’ARIF NU GLOBAL BLOTONGAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN 2018/2019. IAIN SALATIGA; 2019.

Chonstantika AL. Penerapan Pembelajaran Model Make a Match dan Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-6 di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. 2012;

Sholikhah A. Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA J Dakwah dan Komun. 2016;10(2):342–62.

Published
2021-07-01
How to Cite
Paputungan, N., Saude, H., & Bombang, S. (2021). Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Biromaru Kecamatan Sigi Kabupaten Sigi. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(2), 64-70. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i2.627
Section
Articles