PENDIDIKAN DASAR PADA DAERAH TERTINGGAL (Studi di SDN Inpres Kecil Salena Kelurahan Buluri Kecamatan Ulujadi Sulawesi Tengah)

Kuliawati Kuliawati(1*)


(1) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

Abstract


 Penelitian ini difokuskan di SDN Inpres Kecil Salena Kelurahan Buluri Kecamatan Ulujadi Palu Sulawesi Tengah yang merupakan salah satu daerah terpencil dan terasing. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Pertama, kurikulum apa yang digunakan di sekolah ini. Kedua, bagaimana sumber daya manusia di sekolah ini. Ketiga, bagaimana karakter dan budaya di sekolah ini. Keempat, bagaimana peningkatan religiusitas masyarakat. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena dapat mengetahui permasalahan pendidikan yang terjadi di daerah terpencil.

Penelitian ini bersifat kualitatif yang dilakukan di SDN Inpres Kecil Salena Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang meliputi kurikulum yang berlaku di sekolah, mengamati sumber daya manusia di sekolah, mengamati karakter dan budaya serta peningkatan religiusitas masyarakat.

Hasil dari penelitian ini adalah pada aspek pertama kurikulum. Kurikulum yang digunakan adalah KTSP, belum sepenuhnya kurikulum KTSP diterapkan di sekolah, guru-guru belum memahami pengembangan silabus sehingga menyalin silabus dari sekolah lain, terkadang mengajar tidak berdasarkan RPP yang disusun. Pada aspek sumber daya manusia, di SDN inpres Kecil Salena sumber daya manusia belum memenuhi standar karena banyak yang mengajar tidak sesuai jurusannya. Langkah yang diambil oleh kepala sekolah untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melakukan manajemen sumber daya manusia. Pada aspek karakter dan budaya. Masyarakat Salena memiliki karakter yang unik, kasar, kurang peduli. Aspek budaya, yaitu agama, bahasa, suku, adat. Aspek yang terakhir adalah peningkatan religiusitas masyarakat.


References


Jamalie, Zulfa. Pola Dakwah pada ‘Masyarakat Suku Terasing’ di Kalimantan Selatan. Jurnal Dakwah, Vol. XVI, No. 1 Tahun 2015. Diakses 13 April 2018.

Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet.9, Jakarta : Kalam Mulia Group, 2012.

Rosita, Imran Rachman dan Andi Sahri Alam. Kearifan Masyarakat Lokal Suku Lauje dalam Pengelolaan Hutan Di Desa Bambasiang Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Warta Rimba Volume 5, Nomor 1 Hal: 80-86 Maret 2017. Diakses 13 April 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suherman, Eman. Kiat Sukses Membangun SDM Indonesia. Bandung: CV. Allfabeta, 2012.

Syuroh, Mat. Evaluasi Pelaksanaan Program Pembinaan Masyarakat Terasing di Indonesia. Sosiohumanika, 4(2) 2011. Diakses 13 April 2018.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiadi. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2012.

https: // imadiklus.com / pendidikan-untuk-penduduk-pulau-terpencil-kasus-pendidikan-di-pulau-mursala//. Diakses 23/12/2017 pukul 20.15.

https :// repositoriy/ Unri.ac.id/ xmlui/bitstream/ handle/ 123456789/ 4961/ 2. Perawati.pdf? sequence=1. Diakses 23/12/2017/pukul 19:23.


Article Statistic

Abstract view : 21 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman