MELALUI PENGGUNAAN PICTURES DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MATERI ASKING AND GIVING INFORMATION PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 GALANG

Muhammad Natsir Junus(1*), Israk Israk(2)


(1) 
(2) Fakultas Agama Islam Unismuh Palu
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode problim solving pada pembelajaran PKN di Kelas XI TKJSMK Negeri 1 Sojol Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 13 orang perempuan.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan penggunaan Metode problim solving pada pada siswa kelas XI TKJSMK Negeri 1 Sojol Utaradapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 3,94 dan termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 6,31 dengan katagori sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,37.

Hasil belajar siswa pada siklus I adalah rata-rata 76,25 ada di atas KKM yang ditetapkan sekolah dengan nilai 70. Hasil belajar itu berada kategori cukup baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,6 %. Sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 86,88 dan termasuk kategori baik dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan penggunaan Metode problim solving sebesar 10,63. Kendala-kendala yang dihadapi dalampenggunaan Metode problim solving selama penelitian antara lain: (1) masih melekatnyakebiasaan siswa menerima pelajaran dari guru dengan metode cermah, dan mengerjakantugas-tugas yang berpatokan pada LKS, sehingga keberanian siswa untuk mengemukakanpendapat relatif masih kurang. (2) Relatif masih kurangnya buku pelajaran yang dimiliki olehsiswa, siswa hanya belajar materi pelajaran dari materi ringkas yang ada pada LKS.


Article Statistic

Abstract view : 161 times
Tidak berjudul (Bahasa Indonesia) views : 0 times PDF (Bahasa Indonesia) views : 14 times PDF (Bahasa Indonesia) views : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman