MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA MAZE (MENCARI JEJAK)

Rugaiyyah Anggraini Putri(1*)


(1) Guru Paud Lestari Lambunu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/eceij.v2i3.999

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media maze (mencari jejak) di TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah 8 anak yang berusia 5-6 tahun terdiri dari 4 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah teknik observasi, pemberian tugas, dokumentasi dan diskusi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila kemampuan kognitif (BSH s.d BSB) anak didik di kelompok B TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui media maze (mencari jejak) di kelompok B TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh pada hasil  rata-rata kemampuan kognitif anak pada pra tindakan yaitu kategori belum berkembang (BB) 56,25%, kategori mulai berkembang (MB) 43,75%. Pada siklus I hasil rata-rata kemampuan kognitif anak yaitu kategori belum berkembang (BB) 10,42%, kategori mulai berkembang (MB) 43,75%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan pada siklus II hasil rata-rata kemampuan  kognitif anak yaitu kategori mulai berkembang (MB) 8,33%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 62,5% dan kategori berkembang sangat baik (BSB) 29,17%. Maka dapat disimpulkan bahwa media maze (mencari jejak) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif Anak, Media Maze (Mencari Jejak)


Full Text:

PDF

References


Abidin, Muhammad Zainal. (2011). Teori belajar kon-struktivisme vygotsky dalam pembelajaran ma-tematika. Diakses dari http://masbied.files-.wordpress.com/2011/05/modul-matematika-teori-belajar-vygotsky.pdf pada tanggal 20 No-vember 2018.

Allen, K. Eillen. (2010). Profil Perkembangan Anak, Perkelahiran Hingga Usia 12 Tahun. (Pen-erjemah : Valentino) Jakarta. PT.Indeks

Anas Sudijono.(2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju.

Ariny, Asni Haque; Rohita. (2014). Pengaruh Alat Per-mainan Edukatif (Ape) Maze Terhadap Ke-mampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di Tk Al-Fithroh. Skripsi. Jurusan PG-PAUD FIP, Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Buyung Ahmad. (2007). Kompeten dan Kompetensi. diakses dari http://deroe.wordpress.com/2007/10/05/kompeten-dan-kompetensi/. pada tanggal 20 November 2018.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ja-karta: Balai Pustaka.

Dewi, Rosmala. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Handayani, Sri and Haryati, Yuli and Sumarno, Sumar-no (2013) Studi Diskriptif Analisis Terhadap Kontribusi Bimbingan Orang Tua Dan Guru Pada Perilaku Kognitif Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Cepiring Ken-dal. Project Report. Universitas Terbuka, Se-marang. Di akses dari http://repository.ut.ac.id/6063/. Pada tanggal 04 Januari 2019

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Helmawati. (2015). Mengenal dan memahami Paud. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Istiaty. (2006). Permainan Edukatif Anak. Jurnal Pen-didikan Anak Usia Dini,

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Ban-dung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Rukmini Elisabeth. (2008). Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta : Journal Uni-versitas Negeri Yagyakarta. diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/viewFile/7132/6155. Pada tanggal 31 Desember 2018.

Sadiman, Arief S, dkk. (2006). Media Pendidikan. Ja-karta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2007). .Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sudono, Anggani. (2000). Sum-ber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pen-didikan Anak Usia Dini). Jakarta : PT Grasindo, Anggota Ikapi.

Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Sujiono, Bambang dkk. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Terbuka

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakar-ta: Kencana Prenada Media Group.

Suryabrata Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan. Ja-karta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yahya, Iyam Saleh. (2014). “Mengerjakan Maze Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B di TK Cempaka Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.”. Diakses dari eprints. Universitas


Article Statistic

Abstract view : 0 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com