MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERIMA BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menerima bahasa anak melalui metode bercerita di TK Nurul Yaqiin. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah 15 anak yang berusia 5-6 tahun terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam peelitian dimiliki oleh anak minimal 70%-80% dari keseluruhan jumlah anak dikelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menerima bahasa anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dikelompok B TK Nurul Yaqiin. Penelitian ini dilaksaakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh pada hasil  rata-rata kemampuan menerima bahasa anak pada pra tindakan yaitu berkembang sangat baik (BSB) 15,00%, berkembang sesuai harapan (BSH) 21,67%, mulai berkembang (MB) 40,00%, dan belum berkembang (BB) 23,33%. Pada siklus I hasil rata-rata kemampuan menerima bahasa anak pada kategori berkembang sangat baik (BSB) 21,67%, berkembang sesuai harapan 28,33%, mulai berkembang (MB) 29,99%, dan belum berkembang (BB) 20,00%. Sedangkan pada siklus hasil II rata-rata kemampuan menerima bahasa anak pada kategori berkembang sangat baik (BSB) 30,00%, berkembang sesuai harapan (BSH) 43,44%, mulai berkembang (MB) 16,67%, dan belum berkembang 10,00%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menerima bahasa anak dikelompok B TK Nurul Yaqiin.
Kata Kunci : Kemampuan Menerima Bahasa, Metode Bercerita
References
Alwi. Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesi Edisi Ketiga. Balai Pustaka: Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Ja-karta: Rineka Cipta.
Bachri. S Bacthiar, 2005. Pengembangan Metode Ber-cerita, teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud
Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ja-karta: Balai Pustaka
Dhieni. Nurbiana dan Fridani, Lara 2007, Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat Pengembangan Bahasa Anak, Semarang IKIP Vetera
Jamaris. Martini, 2006, Perkembangan dan Pengem-bangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Gramedia
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.
Moeslichatoen. 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta
Musfiroh. Tadkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Tampubolon. 1991. Pengembangan Minat dan Kebia-saan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa
Tarigan, Djago dan Lilis Siti Sulistyaningsih. 1996, Analisis Keselahan Berbahasa. Jakarta: Depdiknas.
Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.