MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE KARYAWISATA

Jumriana Jumriana(1*)


(1) Guru Paud Lestari Lambunu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/eceij.v2i2.992

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sosial anak di kelompok B Paud/TK Amalia Kayumaloa. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 10 anak perempuan, dan 8 anak laki-laki. Rancangan penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan selama 3 minggu dengan 6 kali tindakan dalam II siklus. Data di kumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi serta alat observasi untuk anak-anak. Serta di analisis secara presentase untuk mengambil kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan sebelum di terapkan metode karya wisata hingga dilaksanakan siklus I dan terbukti dengan penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan perilaku sosial anak terbukti dari peningkatan perilaku sosial anak pada aspek tolong menolong yaitu 22.22%, sementara pada aspek bekerja sama 22.22%, sentara pada aspek berinteraksi dan berkomunikasi 22.22%. semnetara untuk hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II juga sangat meningkatkan perilaku sosial anak terbukti dengan peningkatan pada aspek tolong menolong sebagai berikut  27.78%, sementara pada aspek bekerja sama terjadi peningkatan 16.66%, selanjutnya pada aspek berinteraksi dan berkomunikasi 33.33% dari siklus pertama ke siklus kedua pada kemampuan yang di teliti yaitu aspek tolong menolong, bekerja sama, berinteraksi dan berkomunikasi. Sedangkan jika di analisis dari pra tindakan ke siklus dua maka terjadi peningkatan rata-rata 48.14% dari kemampuan yang di teliti yaitu aspek tolong menolong, bekerja sama,berinteraksi dan berkomunikasi. Berdasarkankan penjelasan di atas bahwa penelitian ini berhasil. Walaupun masih ada anak yang belum berhasil meningkatkan perilaku sosialnya yaitu 1.81%. dengan kata lain penggunaan metode karyawisata di kelompok B Paud/TK Amalia Kayumaloa Pasangkayu dapat meningkatkan perilaku sosial anak.

Kata kunci: Metode Karyawisata dan Perilaku Sosial Anak


Full Text:

PDF

References


Jakarta: Rajawali Pres.

Artina, (2016). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B1 Tk Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore. Palu: Universitas Tadulako

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak didaktik Metedoik di Tk, Jakarta.

Depdiknas. (2005). Pedoman Pengajaran di Taman Ka-nak-Kanak. Jakarta: Direktorat Jendral Mana-jemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Elizabeth, H. (1987). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Vivi, E.Y. (2015). Pengaruh Metode Karyawisata Ter-hadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Kartini Lalundu Kecamatan Rio Pakava. Palu: Universitas Tadulako

Mustika. (2013) . Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Melalui Karya Wisata Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Karya Toyyibah Bale. Palu. Uni-versitas Tadulako.

Moeslichatoen.R. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Lisfiawati, (2016). Melalui Metode Karya Wisata Meningkatkan perilaku sosial anak di Kelompok B TK Alkhairat Boya Baliase. Palu: Universitas Muhammadiyah Palu.

Sudjono, A. (1989). Dasar-Dasar Statistic Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Http://carapedia.com . Hari kamis 9 November 2017.

Https://www.google.co.id/search?q=desain+model+penelitian+oleh+kemmis+dan+taggart&tbm . Hari jum’at 29 Desember 2017.

http://rizkiftriapriyani.blogspot.com/2014/12/perkembangan-dan-permasalahan-sosial.html. Hari Rabu 14 November 2018

https://allohmahabesar88.wordpress.com/2015/02/06/permasalahan-anak-usia-dini/. Hari Kamis 15 No-vember 2018

https://www.academia.edu/8636084/permasalahan_anak_dan_upaya_penanganannya. Hari Sabtu 16 No-vember 2018

http://yazidelbar.blogspot.com/2017/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html. Hari kamis 3 januari 2019


Article Statistic

Abstract view : 19 times
PDF views : 27 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com