MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK

  • Elfiran Elfiran Guru Paud Lestari Lambunu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa melalui media big bookdi TK Al-Muttaqiin Palu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Al-Muttaqiin Kelurahan Palupi Kecamatan Tatanga, Kota Palu pada bulan Februari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B TK Al-Muttaqiin yang berjumlah 15 anak berusia 5 sampai 6 tahun terdiri dari 6 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik dalam pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan berupa lembar observasi chek list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantutatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian dimiliki oleh anak minimal 79 % dari keseluruhan jumlah anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengungkapkan bahasa dapat ditingkatkan melalui bercerita menggunakan big book pada kelompok B TK Al-Muttaqiin Palu. Pen elitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiriatas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari keseluruhan penilaian jumlah anak dan seluruh indikator terjadi peningkatan pada pratindakan 7 % (kurang)  anak memperoleh yang hasil baik, pada siklus I meningkat menjadi 33% (cukup) anak memperoleh hasil yang baik dan pada siklus II meningkat 80% (baik) anak memperoleh hasil yang baik.Langkah langkah penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa adalah dengan bercerita menggunakan big book. Peneliti serta guru tidak lupa untuk memberikan dorongan, motivasi dan memberikan cerita secara bertahap dan berlanjut. Maka kemampuan mengungkapkan bahasa dapat ditingkatkan melalui metode bercerita menggunakan big book pada kelompok B TK Al-MuttaqiinPalu.

Kata Kunci : Mengungkapkan Bahasa, Metode Bercerita Media Big Book

References

Arikunto, Suharsimi 2010, Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, Suharjono dan Supriadi 2015, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas 2007, Kurikulum 2004, Sumber Kompetensi Bahasa Indonesia Taman Kanak-Kanak Jakarta.

Desmita, Riyani. 2009, Lingkungan dan Bahasa Anak. Bandung: Imperial Bukti Utama.

Dhieni, Nurbiana. 2014, Metode Pengembangan Bahasa Anak. Jakarta: UT.

Dimyati, Jhoni 2013, Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Perdana Group.

Djamarah, Syaiful Bahri 2002, Psikologi Belajar. Jakar-ta: PT. Rineka Cipta

Elnawibowo, Cintiya 2014, Pengaruh Media Cerita Big Book Terhadap Perkembangan Mengungkapkan Bahasa, Skipsi Mahasiswa FKIP. Yogyakarta

Jasmin, Hana 2011, Terapi Kecerdasan Anak Dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media.

Kurniawati, Yanti 2011, Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Melalui Bercerita dengan Media Big Book. Jurnal Mahasiswa FKIP. Makasar

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Madyawaty 2016, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta Buana Ilmu Populer.

Mansyur, Yusuf 2005, Pengajaran Bahasa Secara Umum. Bumi Aksara, Jakarta.

Nurgiyantoro 2014, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasi Kompetensis Yogyakarta. PFE.

Permendikbud Republik Indonesia 2014, Tentang Ku-rikulum 2013 Nomor 137.

Rita, Kurnia 2009, Metodologi Pengembangan Anak Usia Dini, Cendekia Insani, Pekan Baru.

Rusmiyati, Asih 2014, Pengaruh Bercerita Dengan Me-dia Big Book Terhadap Kecerdasan Mengungkap-kan Bahasa. Skripsi Mahasiswa FKIP.

Sudjana, Nana 2013, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algendinso.

Sugiyono, 2010, Memahami Penelitian Kualitatif. Ban-dung: Alfabeta.

Suyadi, 2009, Buku Pegangan Bimbingan dan Konseling Anak Paud. Yogyakarta: Diva Press.

Tampubulon 1991, Mengembangkan Minat dan Kebia-saan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Published
2019-12-20
Section
Articles