MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR

  • Tri Sulistianingsih Guru Paud Lestari Lambunu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Dengan Media Gambar di Kelompok A TK Ummati Palu.  Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan Di TK Ummati Palu pada bulan Januari 2019. Subjek dalam  penelitian ini adalah anak di kelompok A TK Ummati yang berjumlah 15 anak berusia 4-5 tahun terdiri dari 4 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik dalam pengumpulan data dalam peneltian ini adalah  observasi yang digunakan berupa lembar observasi chek list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam peelitian dimiliki oleh anak minimal 79% dari keseluruhan jumlah anak dikelompok A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dapat ditingkatkan melalui metode bercakap-cakap dengan media gambar kelompok A TK Ummati Palu. Penelitian ini dilaksaakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari keseluruhan penilaian dari jumlah anak dan seluruh indicator terjadi peningkatan pada pratindakan kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan pada katagori (BSH) berkembang sesuai harapan, pada siklus I 20% dan siklus II 80%. Sedangkan pada kemampuan dalm berbicara mengenai gambar pada siklus I 33% anak berkembang sangat baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87% anak pada katagori berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercakap-cakap dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok A TK Ummati Palu. 

Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Metode Bercakap-cakap, Media Gambar

References

Agus Suryabrata, 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta

Ahmad Rohani. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Anggiat M. Sinaga, dan Hadiati, S. 2001. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Arends. 2011. Dalam Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke4. Jakarta : Kencana.

Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Badru Zaman, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Basyiruddin M, dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Ciputat Pers : Jakarta.

Cecep Kusnandi. 2003. Kultur Campuran dan Faktor Lingkungan Mikro organisme yang Berperan dalam Fermentasi Tea–Cider. Departemen Biologi–FMIPA Institut Teknologi Bandung

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dewi Salma. Prawiradilaga, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta : Prenada.

Dhieni, Nurbiana. 2005. Metode Perkembangan Bahasa. Jakarta Universitas Terbuka.

Diah Harianti. 1994. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdikbud.

Dwi Yulianti. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu. Skripsi. Universitas Diponegoro : Semarang

Guntur Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Hariati, Diah, 1994. Program Kegiatan belajr Taman kanak-kanak. Jakarta : depdikbud.

M Basyiruruddin. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Ciputat Press.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak –Kanak. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Mohamda Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Montolalu B.E.F. 2010. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mudhaffir, Teknologi Instruksional Sebagai Landasan Penerangan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung : PT : Remaja Rosdikarya Offset, 1999.

Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru : Bandung

Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yog-yakarta : BPG

Nurbiana Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Oemar Hamalik. 1986. Pengertian Media Gambar. http://ian43. word-press.com/2010/12/17/pengertian-media-gambar/Robbins SP, dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Robbin. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat Hal 22

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pen-dekatan Kuantitatif, kualitatif, danR&D. Ban-dung : Alfabeta

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidi-kan Nasiona

Suryabrata. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta

Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Tarmansyah. (1996). Gangguan Komunikasi. Jakarta : Depdikbud.

Trianto. 20011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Jakarta : Depdikbud.

Published
2019-12-20
Section
Articles