MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Media Permainan Kereta Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui permainan kereta angka pada anak kelompok B TK Ilmi Amalia Palu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Ilmi Amalia Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu pada bulan Januari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Ilmi Amalia yang berjumlah 17 anak berusia 5-6 tahun terdiri dari 8 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan berupa lembar observasi chek list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantutatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian dimiliki oleh anak minimal 79 % dari keseluruhan jumlah anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka melalui permainan kereta angka pada anak kelompok B TK Ilmi Amalia Palu. Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 52 % anak berkembang sangat baik pada kemampuan menyebutkan angka, 53% anak berkembang sangat baik pada kemampuan meniru angka, 53% anak berkembang sangat baik pada kemapuan mencocokkan angka dengan benda. Kemampuan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 94% anak berkembang sangat baik pada kemampuan menyebutkan angka, 88% anak berkembang sangat baik pada kemampuan meniru angka, 82% anak berkembang sangat baik pada kemampuan mencocokkan angka dengan benda.
Kata Kunci : Bermain Kereta Angka, Kemampuan Mengenal Angka
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Ja-karta: Depdiknas.
Hany E, Ummy. 2007. Pedoman Pembelajaran Per-mainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Montolalu, B.E.F, dkk. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mutiah, Diana.2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencara Prenada Media Group : Jakarta
Patmonodewo, Soemantri. 2008. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Rineka Cipta : Jakarta
Rahmawati, Tutik dan Daryanto.2015. Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Gava media : Yogyakarta
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Proses Pendidikan. PT Indek : Jakarta
Sujiono, Yuliani. Nuraini.2013. Konsep Dasar Pendidi-kan Anak Usia Dini. PT Indeks : Jakarta
Tamba, Eka Sanjaya. 2011. Metode Penelitian Triangu-lasi. http://ekasanjaya tamba.wordpress.com. Di-akses pada 23 Agustus 2012 pukul 10.31 WIB.
Tedjasaputra S Meyke .2011.Bermain, Mainan, Dan Permainan. Gramedia Widiasarana Indonesia : Ja-karta
Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Andi : Jakarta
Yusuf, L.N Syamsu dan Nani M. Sugandi. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Rajawali Pers : Ja-karta
Copyright (c) 2020 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.