MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK

  • Upi Reski Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Munir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah  Penggunaan Media Permainan Kereta Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui permainan kereta angka pada anak kelompok B TK Ilmi Amalia Palu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Ilmi Amalia Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu pada bulan Januari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Ilmi Amalia yang berjumlah 17 anak berusia 5-6 tahun terdiri dari 8 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik dalam pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan berupa lembar observasi chek list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantutatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian dimiliki oleh anak minimal 79 % dari keseluruhan jumlah anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka melalui permainan kereta angka pada anak kelompok B TK Ilmi Amalia Palu. Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 52 % anak berkembang sangat baik pada kemampuan menyebutkan angka, 53% anak berkembang sangat baik pada kemampuan meniru angka, 53% anak berkembang sangat baik pada kemapuan mencocokkan angka dengan benda. Kemampuan pada siklus II  terjadi peningkatan yakni 94% anak berkembang sangat baik pada kemampuan menyebutkan angka, 88% anak berkembang sangat baik pada kemampuan meniru angka, 82% anak berkembang sangat baik pada kemampuan mencocokkan angka dengan benda.

Kata Kunci : Bermain Kereta Angka, Kemampuan Mengenal Angka

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Ja-karta: Depdiknas.

Hany E, Ummy. 2007. Pedoman Pembelajaran Per-mainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Montolalu, B.E.F, dkk. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mutiah, Diana.2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencara Prenada Media Group : Jakarta

Patmonodewo, Soemantri. 2008. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Rineka Cipta : Jakarta

Rahmawati, Tutik dan Daryanto.2015. Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Gava media : Yogyakarta

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Proses Pendidikan. PT Indek : Jakarta

Sujiono, Yuliani. Nuraini.2013. Konsep Dasar Pendidi-kan Anak Usia Dini. PT Indeks : Jakarta

Tamba, Eka Sanjaya. 2011. Metode Penelitian Triangu-lasi. http://ekasanjaya tamba.wordpress.com. Di-akses pada 23 Agustus 2012 pukul 10.31 WIB.

Tedjasaputra S Meyke .2011.Bermain, Mainan, Dan Permainan. Gramedia Widiasarana Indonesia : Ja-karta

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Andi : Jakarta

Yusuf, L.N Syamsu dan Nani M. Sugandi. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Rajawali Pers : Ja-karta

Published
2019-12-20
Section
Articles