ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI DI TK

  • Abdul Salam Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Syamsidar Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Abstrak

Analisis penguatan pendidikan karakter bagi anak usia dini diharapkan mampu membentuk para generasi  bangsa yang memiliki karakter kuat sehingga mampu mencerminkan karakter dari bangsa Indonesia itu sendiri. Penerapan guru dalam penguatan pendidikan karakter bagi  pendidikan anak usia dini, diperlukan sebagai suatu bentuk kerjasama antar komponen sekolah yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan proses penguatan pendidikan karakter itu sendiri. adapun komponen yang turut membantu adalah kepala sekolah dan para guru yang merupakan teladan dalam  implementasi penguatan pendidikan karakter  dalam bersikap dan bertindak  serta mencerminkan  nilai-nilai karakter dalam dirinya, selain itu budaya dari sekolah dikondisikan sebagai syarat akan nilai-nilai karakter baik dari desain ruangan maupun benda-benda yang menunjang dalam penguatan  pendidikan karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi bagi para guru di TK dalam Menganalisis Kemampuan Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini di TK Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam memberikan penguatan karakter bagi anak usia dini di TK sudah mengalami perkembangan pengetahuan hal ini dapat dilihat dari perencanaan guru dalam membuat perangkat pembelajaran melalui rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM).

Kata Kunci:  Pendidikan Karakter, Anak usia dini

 

References

Bogdan, B.C. and Biklen, S.K. (1982) Qualitative Research For Education, an Introduction to Theory and Methode. Boston Allyn and Bacon, Inc

Creswell, J.W. (2010). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approach (Third Edition). Penerjemah Achmad Farwaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghazali, al. (1994). Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia, Bandung: Remaja Rosdakarya

Gunawan Heri. (2010). Pendidikan Karakter konsep dan Impelementasi, Jakarta : grasindo.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta:Kementrian

Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta:Bumi aksara

Moleong, L.J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlas Samani, & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Muhadjir, Noeng. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muhammad Fadillah & Klorida, Lilif Mualifatu. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter.Jakarta: Bumi Aksara

______. (2012). Manajemen PAUD. Bandung Remaja Rosda Karya

Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Tuhana Taufiq andrianto. (2011). Mengembangkan Karakter Sukses di Era Cyber. Yogyakarta: Ar-ruzz

Published
2019-12-14
Section
Articles