MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK

  • Eni Darma Susanti Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kemampuan Bercerita, Metode Demonstrasi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan anak bercerita dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B TK. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK. Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 20 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilakasanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing  yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru Kelas Kelompok B yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari siklus pertama ke siklus kedua terjadi peningkatan rata-rata 30% pada kategori BSB, BSH, dan MB pada masing-masing kemampuan yang diamati. Sedangkan jika diamati dari pra tindakan terjadi peningkatan rata-rata 65% kategori BSB, BSH, dan MB. Sedangkan, anak belum dapat meningkatkan aktivitasnya rata-rata 1 anak atau 10% kategori BB dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan anak bercerita di kelompok B TK.

References

Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Balai Pustaka: Jakarta

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara (2007). Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2005. Kurikulum (Standar kompetensi TK dan RA). Jakarta

Depdiknas 2007. Persiapan membaca dan Menulis Melalui Permainan. Jakarta.

Dewi, Ika Sari. (2006). Kesiapan Menikah Pada Wanita Dewasa Awal Yang Bekerja. USU Repository.

Ginting, Vera. 2005. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia Serta Minat Baca Murid. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur No.04/ThIV/Juli2005.

Gunarti, Winda., Lilis Suryani., Azizah Muis. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Haryadi, 2007. Retorika Membaca; Model, metode dan Teknik. Semarang.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jamaris, M. (2003). Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia TK. Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru. Program PAUD, PPS Universitas Negeri Jakarta.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia

Latuheru, D. John,MP. 1998. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Depdekbud, Jakarta.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Muchlisoh. 1991. Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta : Universita Terbuka.

Moeslihatoen ,.2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta. Rineka Cipta.

Nur’aini,. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Pamandhi, H. 2007. Konsep Penidikan Seni Rupa. Yogyakarta: FKIP UNY.

Rahardjo, 2006. Strategi Pembelajaran Musik Anak Usia Dini. Yayasan Suara Duta, Salatiga

Sadiman. 2011. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar. Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Slamet Rahardjo. 2006. Strategi Pembelajaran Musik Anak Usia Dini. Salatiga: Yayasan Suara Duta

Slamet Suyanto. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Solehudin. M. 2008. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta. Hikayat Publishing.

Sugiarti, Titik. 2007. “Motivasi Belajarâ€. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta

Sudjana Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Syamsu LN. 2004, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Usman. 2008. Strategi Pembeajaran. Jakarta: Erlangga.

Published
2019-01-02
Section
Articles