MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TK KELOMPOK B MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan minat belajar anak TK kelompok B Palu. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah membuktikan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan minat belajar anak TK kelompok B Palu. Subyek penelitian adalah anak TK Kelompok B di Palu yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, tes, dokumentasi, hasil tugas. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan teman sejawat sebagai kolaborator untuk membantu dalam pengamatan dan pencatatan. Kriteria keberhasilan harus mencapai 75% pada aspek minat belajar dan 65% pada aspek mengelompokkan dan mengurutkan kendaraan darat dan beroda dua. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar anak 40,95%, kemampuan mengelompokkan 43% dan kemampuan mengurutkan 45.33% pada pra-tindakan dengan total predikat belum berkembang (BB) tindakan pada siklus I menunjukkan minat belajar anak 74.29%, kemampuan mengelompokkan 78% dan dan kemampuan mengurutkan 64% dengan predikat mulai berkembang (MB) meningkat pada siklus II dengan perolehan minat belajar 87.62%, kemampuan mengelompokkan 91.12% dan kemampuan mengurutkan 77.33% dengan predikat berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan demikian maka terbukti bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan minat belajar anak kelompok B di TK Bala Keselamatan Palu.
References
Arikunto, Suharsimi.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. P.T. Bumi Aksara
Arsyad, Azhar.2017. Media Pembelajaran. Jakarta. P.T. RajaGrafindoPersada. Depok, Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Daryanto.1993. Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Bandung. Tarsito. Ed.1
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media. Klitern Lor GK III/15. Yogkyakarta
Djaali.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta. P.T. Bumi Aksara
Dewi, Diani. 2013. Jenis-Jenis Media dan Kekurangannya. http://dianidewi.blogspot.com/2013/06/jenis-jenis-media-kekurangan-dan.html. Accesed. 27/12/18; 23.01 PM
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).2001. Jakarta. Depdiknas
Karwono., dan Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.
Kemmis, S. and Taggart Mc. 1988. The Action Research Planner. Australia. Deakin University.
Kustandi, Cecep. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.
Meylahazizah.2013. Media Visual. https://meylahazizah.wordpress.com/
/12/27/ media-visual/ (accessed: 08 – 11 – 2018; 23:20)
Monks, F.J., Knoers, A.M.P, 1994. Psikologi Perkembangan. Jogjakarta. Gadjah Mada University Press.
Mukarom, Zaenal., H.A. Rusdiana. 2017. Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia. (Anggota IKAPI). Jawa Barat
Russell, James. 2011, Instructional Tecnhology and Media for Learning. USA. Pearson. Prentice Hall
Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. (Online) (http://pedomanskripsi.blogspot.
com /2011/07/indikator-minat-belajar.html diakses 09/11/18;21.23PM).
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press,
Silabus Pendidikan.2013. Aspek-Aspek Minat Belajar dan Indikator Minat Belajar. KEMENDIKBUD, Website: https://www.silabus.web.id/ (Accessed: 09/11/2018;23.11 PM)
Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Suara Guru. Website. 2011. Minat Dalam Belajar Siswa. Accesed from: https://suaranuraniguru.wordpress.com/2011/12/01/minat-dalam-belajar-siswa/
Sudarmo, Padji.M. 2006. Kamus Komputer dan Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung. CV Yrama Widya
Sudjiono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. RajaGrafindo Persada
Suminah, Enah; Yulianti Siantayani. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat DIRJEN Pembinaan PAUD.
Surya, Mohammad.2015. Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.CV.
The Center for Quality Teaching and Learning. Media, Multimedia and Digital Media.. https://www.lee.k12.digitalmediaconcepts.pdf . Viewed 11 December 2018
The Liang Gie. 1998. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta. Center for study progress.
Umaroh, Flia Dlia’A. 2016. Alat Peraga Diorama. Yogyakarta. Makalah FKIP. Universitas Negeri Yogyakarta
Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung. P.T. Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, Mareta., Irma Yuliantina, Utin Ritayanti. 2015. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD. Jakarta. Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat DIRJEN Pembinaan PAUD.
Wasito. 1996. Kamus Elektronika. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Webster’s New World Dictionary (3rd) (1991). New York, Websters Dictionary.
Widiasworo, Erwin. 2017. Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media. Sleman
Wulandari, Fitria. 2015. Media Visual Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Accesed from: http://fitriawulandaripaud.blogspot.com/2015/12/media-visual-pada-pembelajaran-anak.html. January 3rd 2019.
Zaman, Badru; Eliyawati, Cucu. 2010. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.
Copyright (c) 2019 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.