MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK MELALUI MEDIA REALIA DI KELOMPOK B KECAMATAN DOLO BARAT

Abdul Salam(1*)


(1) Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/eceij.v2i1.917

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan Media Realia dapat meningkatkan hasil belajar anak di Kelompok B TK Sintuvu Singgani Balumpewa Kecamatan Dolo Barat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memberi gambaran peningkatan hasil belajar anak melalui media realia di kelompok B TK Sintuvu Singgani Balumpewa Kecamatan Dolo Barat.Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 16anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilakasanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru Kelas Kelompok B yang bertindak sebagai observer/pengamat. Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari siklus pertama ke siklus kedua meningkat rata-rata 22,92% anak yang masuk dalam katagori berkembang sangat baik dalam semua aspek yang diamati, selanjutnya rata-rata 52,08% anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan dalam semua aspek yang diamati, dan rata-rata 20,80% anak yang masuk dalam kategori mulai berkembang terhadap semua aspek yang diamati serta hanya 4,2% anak yang masuk dalam kategori belum berkembang dalam semua aspek yang diamati.


Keywords


Hasil belajar siswa; media realia

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press :Jakarta.

Nurainun. 2007. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Parigi. Skripsi Universitas Tadulako (tidak dipublikasikan).

Munirah, 2004. Hubungan antara Pemahaman Fisika dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri se Kota Palu. Skripsi FKIP Universitas Tadulako Palu (tidak dipublikasikan).

Nana Sujana. 2010. Metode Pemberian Tugas Dapat Membawa Keberhasilan Anak Percekan Offset : Bandung

Depdiknas. 2003. Pedoman pengembangan Alat edukatif (APE) Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto, 2003. Metodologi Research. Yogyakarta . Andi Offset.


Article Statistic

Abstract view : 18 times
PDF views : 8 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com