MENINGKATKAN PENERAPAN AKHLAK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS

  • Nurmiati Nurmiati Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan akhlak anak melalui metode demonstrasi pada kelompok B TK Al-Ikhlas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian yang dilaksanakan di TK Al-Ikhlas Desa Pulu Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Subyek penelitian pada anak kelompok B TK Al-Ikhlas dengan jumlah anak 16 anak, pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data adalah observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dinilai dari aspek pada siklus I, kategori anak berkembang sangat baik (BSB) serta anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 33%, sementara kategori anak mulai berkembang (MB) serta anak yang belum berkembang (BB) sebesar 67%. Pada siklus II, kategori anak berkembang sangat baik (BSB) serta anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 71%, sedangkan kategori anak mulai berkembang (MB) serta anak yang belum berkembang (BB) sebesar 29%.

References

Ali Kholi Abu ‘Ainin. 2010. Manusia Menurut Islam Melalui Empat Alam. Bandung; Mawar.

Adam Aminullah. 2007. Penggunaan Metode Pembela-jaran. Bandung; Rineka Ilmu.

Badrujaman, A. dan Hidayat D.R. 2010. Cara Muda Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta; Trans Info Media.

Fathurrahman. 2008. Metode-Metode Pembelajaran. Jakata; Universitas Terbuka.

Isjoni. 2009. Model Pembelajaran Anak Usia dini. Ban-dung; ALFABETA.

Mendiknas. 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta; Kementerian Pendidikan Na-sional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidi-kan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Raditia Panji. 2008. Metode yang digunakan dan Mengajar Anak. Jakarta; Gramedia.

Ramadhan, A. dkk. 2013. Panduan Tugas Akhir (Skripsi) Artikel Penelitian. FKIP UNTAD Pa-lu: tidak diterbitkan.

Ramlah. 2012. Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Membedakan Macam-macam Rasa Melalui Metode demonstrasi di TK Dharma Wanita. Palu; Skripsi Sarjana pada FKIP UNTAD Palu; Tidak Diterbitkan.

Septi. 2013. Meningkatkan Penerapan Nilai Agama Islam dan Moral Melalui Metode demonstrasi di Kelompok TK Negeri Pembina Kabupaten Buol. Skripsi Sarjana pada FKIP UNTAD; Tid-ak Diterbitkan.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Ja-karta; PT. Raja Grafindo Persada.

Tjatjo Taha, 2002. Media dan Komunikasi Pendidikan, Palu; Tadulako University Press

Udhi. 2009. Metode Demonstrasi. Tersedia www. Google.co,id. (12 Juni 2012).

Published
2019-01-10
Section
Articles