UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE READING ALOUD PADA ANAK KELOMPOK A1 PAUD SITI KHADIJAH

Fitri Ayuningtias(1*)


(1) Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan baca huruf hijaiyah melalui metode pembelajaran reading aloud pada anak kelompok A1 PAUD Siti Khadijah. Jenis penelitain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian yang dilaksanakan di PAUD Siti Khadijah Palu Barat. Subyek penelitian pada anak kelompok A1 PAUD Siti Khadi-jah dengan jumlah 16 anak, di tahun Ajaran 2016/2017. Waktu penelitian pada tanggal 03 Juli – 26 Agustus 2017. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pra tindakan dengan kriteria BSB sebesar 12,5%. Sementara pada siklus I dengan kriteria BSB meningkat men-jadi 68,75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria BSB. Pembelajaran dikatakan berhasil karena perhi-tungan persentase kemampuan membaca huruf hijaiyah sudah mencapai kriteria BSB minimal 86%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Badrujaman, A. dan Hidayat D.R. 2010. Cara Muda Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta; Trans Info Media.

Depdiknas. 2005. Penelitian tindakan kelas. Jakar-ta:Departemen Pendidikan Nasional.

Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group

Kunandar. 2009. Langkah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mendiknas. 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta; Kementerian Pendidikan Na-sional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidi-kan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Razaq, Abdul. 2004. Formula 247 Plus: Metode Men-didik Anak Menjadi Pembaca Yang Sukses. Ja-karta: PT. Elex Media Komputindo

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Sema-rang: PT. Widya Karya

Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.

Zaini, Hisyam., dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani


Article Statistic

Abstract view : 8 times
PDF views : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com