UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE READING ALOUD PADA ANAK KELOMPOK A1 PAUD SITI KHADIJAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan baca huruf hijaiyah melalui metode pembelajaran reading aloud pada anak kelompok A1 PAUD Siti Khadijah. Jenis penelitain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian yang dilaksanakan di PAUD Siti Khadijah Palu Barat. Subyek penelitian pada anak kelompok A1 PAUD Siti Khadi-jah dengan jumlah 16 anak, di tahun Ajaran 2016/2017. Waktu penelitian pada tanggal 03 Juli – 26 Agustus 2017. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pra tindakan dengan kriteria BSB sebesar 12,5%. Sementara pada siklus I dengan kriteria BSB meningkat men-jadi 68,75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria BSB. Pembelajaran dikatakan berhasil karena perhi-tungan persentase kemampuan membaca huruf hijaiyah sudah mencapai kriteria BSB minimal 86%.References
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Badrujaman, A. dan Hidayat D.R. 2010. Cara Muda Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta; Trans Info Media.
Depdiknas. 2005. Penelitian tindakan kelas. Jakar-ta:Departemen Pendidikan Nasional.
Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group
Kunandar. 2009. Langkah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mendiknas. 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta; Kementerian Pendidikan Na-sional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidi-kan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Razaq, Abdul. 2004. Formula 247 Plus: Metode Men-didik Anak Menjadi Pembaca Yang Sukses. Ja-karta: PT. Elex Media Komputindo
Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Sema-rang: PT. Widya Karya
Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.
Zaini, Hisyam., dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Copyright (c) 2019 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.