MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS PADA ANAK KELOMPOK A TK JOYFUL KIDS PALU

  • Andi Sofyan Munawir Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar anak melalui pembelajaran di luar kelas pada Kelompok A TK Joyful Kids Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di TK Joyful Kids kota Palu. Subyek penelitian yang berjumlah 11 anak pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data adalah observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dinilai dari aspek yaitu 1) aspek ketertarikan terhadap objek, 2) aspek kesenangan terhadap objek, 3) aspek rasa ingin tahu terhadap objek, 4) aspek keaktifan dalam kegiatan di luar kelas. Tahap pra tindakan sebesar 18% pada kategori tinggi atau sangat tinggi, tahap tindakan siklus I sebesar 41% pada kategori tinggi atau sangat tinggi, dan tahap tindakan siklus II sebe-sar 77% pada kategori tinggi atau sangat tinggi.

References

Badrujaman, A. dan Hidayat D.R. 2010. Cara Muda Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta; Trans Info Media.

Erwinda. 2009. Pengembangan Pembelajran Sains pada Usia Dini. Dirjen Dikti: Jakarta.

Marisa. 2011. Pengembangan Alat Permainan Edukatif di TK. Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama.

Mustika. 2012.Meningkatkan Perilaku Sosial Anak me-lalui Karya Wisata pada Kelompok B Tk Karya Thaiyyibah Bale. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Tadulako Palu: Tidak diterbitkan.

Mustakim. 2014. Penerapan Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Anak Dalam Pembelajaran Menggambar Bebas dan Mewarnai Bagi Anak Kelompok B Tk Tarbiyatul Masyitoh Bojongsari Alian Kebu-men. [Online]. Tersedia: http://www. mustaqim-

jnet.com/2013/12/penerapan-metodekaryawisata.html.

Narbuko dan Ahmad. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka.

Rochiati Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tinda-kan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.

Wiraatmadja. 2008. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta. Depdiknas.

Published
2019-01-10
Section
Articles