Pembiasaan Kemandirian Anak Berdasarkan Gender Di Kelompok B Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu

Habtuation Of Children's Independence Based On Gender In Group B Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu

  • Megi Rahayu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Dewi Rara Amiyati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pembiasaan, Sikap Kemandiran Pada Anak Usia Dini

Abstract

Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan kemandirian di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan agar data yang diperlu terjain validasinya dan kredibilitasya, maka pengecekan keabsahan data melalui metode tringgulasi sumber dan waktu yaitu, kepala sekolah, guru, guru pendamping saat observasi dan saat wawancara.  Pembiasaan kemandirian anak usia dini di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu sikap kemandrian anak dari lima belas anak yang diamati empat diantaranya menjadi subjek yang diteliti berdasarkan gender laki-laki dan perempuan yang menunjukan anak laki-laki cenderung kurang berinteraksi dan tidak mau melakukan sendiri tanpa diperintah atau bantuan dari guru atau orang sekitanya dikarenakan faktor belum terbiasa dan malu berinteraksi serta masih ada anak yang belum mau berpisah dari orang tuanya faktor ini juga didukung karena jumlah anak laki-laki dikelompok B lebih sedikit dan kurang mau berinteraksi dengan teman sebayanya, sebaliknya untuk anak perempun sudah bisa melakukan kegiatan pembiasaan yang diterapkan disekolah tetapi masih ada juga anak perempuan yang sudah bisa melakukan kegiatan sendiri tetapi tetap dengan bantuan guru atau orang disekitanya, dengan ini anak perempuan lebih cepat menyesuaikan diri dan bisa melakukan aktivitas dangan faktor jumlah anak perempuan dikelompok B lebih banyak dan lebih membuat anak lebih percaya diri karena banyak teman sebayanya. Pembentukkan kemandirian dengan menerapkan dan menanamkan pembiasan kemandirian sejak dini, seperti yang diterapkan dan lakukan di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu yaitu membiasakan anak berbaris, mengerjakan tugas sendiri, mencuci tangan, memberi salam, mengembalikan barang yang telah digunakan ketempat semula, berdoa, serta makan bersama dan saling berbagi. dengan kegiatan pembisaan kemandirian ini akan menumbuhkan rasa sikap sopan dan santun, tanggung jawab, disipin, serta rasa empati dalam saling berbagi dan menolong hal ini diperlukan dorongan dan ransangan yang dilakukan secara berulang-ulang supaya rasa tangung jawab anak tersalurkan dan menumbuhkan sikap kemandirian anak sejak dini.   

References

Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yog-yakarta:Deeppublish
Ambarsari, E., Syukri, M., & Miranda, D. (2014). Pen-ingkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pem-biasaan Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak Kanak Mujahidin I. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9).
Amilda, A. (2017). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).
Arikunto S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendeka-tan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Depertemen Agama RI. (2014), Al-Quran dan Terjema-hannya, Banyuanyar. Surakarta
Hasanah, D., & Rakimahwati, R. (2020). Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia 2–4 Tahun di Kelompok Bermain. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 52-61, Universitas Negeri Padang.
Hurlock. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Er-langga
Hartini (2008) Perkembangan Peserta Didik. Yogyakar-ta:Deeppublish
Imamora,L., & Agustina, M. W. (2018). Upaya Mening-katkan Karakter Kemandirian Anak Usia 5-6 Ta-hun Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kali batur Kali dawir Tulunga-gung. ACIECE, 3, 257-264, IAIN Tulung Agung.
Indak, Y., & Pratiwi, W. (2021). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(02), 63-78, IAIN Sultan Amai Gorontalo
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarata: Kencana
Jf, N. Z. (2017). Upaya meningkatkan karakter ke-mandirian anak usia 5-6 tahun melalui metode ber-cerita dengan menggunakan media audio-visual di tk it zia salsabila kecamatan Percut Sei Tuan, Doc-toral dissertation, Universitas Islam Negeri Su-matera Utara.
Lestari, R. (2018). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 Di TK Al-Kautsar Ban-dar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Maulidyah, P. (2015). Upaya Guru Dalam Melatih Ke-mandirian Siswa Usia Dini Menurut Konsep Pen-yadaran Paulo Freire Di Tk An-nayara Oma View Malang. Jurnal Mahasiswa Sosioplogi, 2 (4). Univesitas Negeri Padang.
Masrun (2007). Faktor kemadirian anak usia dini. eSripsi Universitas Andalas
Megarezky K, (2021). Upaya Gurudalam Peningkatan Minat Belaar Anak Selama Pembelajaran Daring di TK Jabal Rahma Palu Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore. Universitas Muhammadiyah Palu.
Moleong L. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa (2012). Manajemen Pedidikan Karakter. Jakar-ta: Bumi Aksara
Nasution, R. A. (2017). Penanamana Disiplin dan Ke-mandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori., Jurnal Raudhah, 5(2), Universitas Is-lam Negeri Sumatera Utara.
Perak, K.R.K., & Purwanti, S.D. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Usia Dini Pada Kelas A Di Ra Miftahul Jannah. Universitas Muhammadiyah Sumut/medan.
Raden R., Dini, P. I. A. U. Peran Guru Dalam Mengem-bangkan Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B1 Ra Tiara Chandra Krapyak. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5), Univesitas Negeri Padang.
Salina, E., & Thamrin, M. (2014). Faktor-faktor penyebab anak menjadi tidak mandiri pada usia 5-6 tahun di Raudatul Athfal Babussalam. Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatu-listiwa, 3(6).
Sari, A. K., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2016). Upaya guru untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di gugus hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 1-6., Universitas Bengkulu.
Silranti, M., & Yaswinda, Y. (2019). Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dhar-mawanita Tunas Harapan. Jurnal Caksana: Pen-didikan Anak Usia Dini
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)
_____, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)
____¬¬¬_,P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Ja-karta: Kencana.
Tim Pustaka Familia (2006). Membuat Priorits, Melatih Anak Mandiri. Tim Pustaka Familia
Wiyani, A. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Gava Media, (2014)
(https://id.wikipedia.org/wiki/Carl_Rogers: Diakses pada tanggal, Rabu/19 Okt 2021:17.37).
(https://pusatkemandiriananak.com/memahami-perilaku-kemandirian-anak-usia-dini/: Diakses pada tanggal, Rabu/19 Okt 2021:17.37).
Published
2022-05-15
Section
Orginal Articel